http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Ada 909 Siswa Lulus, SMAN 1 Manado Terbanyak Luluskan Siswa se-Indonesia

Kepala SMA Negeri 1 Manado Dra Sherly Kalangi MSi mengalungkan tanda kelulusan pada para lulusan, Selasa (14/05/2019)

Kepala SMA Negeri 1 Manado Dra Sherly Kalangi MSi mengalungkan tanda kelulusan pada para lulusan, Selasa (14/05/2019)

MANADO, MediaManado.com – Sebanyak 909 siswa-siswi SMA Negeri 1 Manado Angkatan ke-58, kelas XII berhasil dinyatakan lulus pada penamatan tahun ajaran 2018-2019. Angka kelulusan tersebut merupakan yang terbanyak dari berbagai sekolah setingkat SMA/sederajat se-Indonesia.

“Sebagai informasi, bahwa peserta SMA Negeri 1 Manado yang ditamatkan atau diluluskan pada tahun ajaran ini, berjumlah 909 siswa, dan ini merupakan siswa yang lulus terbanyak di seluruh Indonesia,” kata Kepala SMA Negeri 1 Manado Dra Sherly Kalangi MSi pada acara Penamatan Siswa-Siswi Kelas XII Tahun Ajaran 2018-2019, yang digelar di Auditorium Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Selasa (24/05/2019).

Sebagai salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang dikenal favorit bagi para lulusan SMP, SMAN 1 Manado, yang dikenal dengan julukan SMANSA, memang menjadi rebutan dan tujuan para peserta didik baru pada setiap tahun.

Kepsek SMANSA Sherly Kalangi mengakui, dengan banyaknya siswa yang ada di sekolahnya, membuat pihak sekolah terus mengalami tantangan, apalagi di saat para siswa akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada setiap akhir tahun ajaran untuk kelas XII.

Resize_2019-05-14_14-24-30-330
“Akan tetapi kami bertekad melaksanakan UNBK secara mandiri. Pada tahun lalu, kami mendapatkan bantuan laptop sebanyak 40 buah guna membantu dalam pelaksanaan UNBK, dan sekaligus juga karena ada kerjasama dengan para orang tua siswa dengan meminjamkan laptop. Karena sesungguhnya, kami masih kurang sarana di SMA Negeri 1 Manado, khususnya dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer, tetapi puji Tuhan semua kendala itu boleh terlambat karena tekad dan doa bagi siswa, keluarga besar SMA Negeri 1 Manado dan orang tua,” tutur Kepsek Kalangi.

Kalangi berharap kedepan pelaksanaan UNBK boleh terlaksana secara mandiri, dengan tidak meminjam lagi kepada orang tua.

“Tentunya, kami berharap pemerintah akan membantu untuk pemenuhan sarana dalam pelaksanaan ujian. Dengan terlaksana UNBK secara mandiri, ini merupakan satu langkah maju, karena melalui program di bidang pendidikan, maka pendidikan SDM Sulawesi Utara ini, pasti akan trrus maju terutama di SMA Negeri 1 Manado,” tandas Kepsek Kalangi.

Dia menambahkan, pelaksanaan acara Penamatan Siswa-Siswi yang digelar di Auditorium Mapalus Kantor Gubernur Sulut, merupakan yang pertama kali dilakukan SMANSA, dan hal itu tentunya merupakan salah satu perhatian pemerintah Provinsi Sulut.

“Tentunya, perlu diberikan support bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang memberikan kesempatan untuk pertama kali bagi SMA Negeri 1 Manado untuk menggunakan tempat ini. Terima kasih Bapak Gubernur, dan kami SMA 1 Manado merasa bangga, merasa tersanjung ketika di diperkenankan berada di sini,” ungkap Kalangi.

Ungkapan terimakasih juga disampaikan kepada orangtua, yang selama 3 tahun mempercakan anak-anak untuk dididik di SMAN 1 Manado.

Resize_2019-05-14_14-24-51-905

Kepada para siswa-siswi yang baru tamat, Kepsek Kalangi menitipkan pesan, agar tetap menggapai cita-cita dan menjadi pribadi yang berhasil dalam setiap aktivitas.

“Begitulah dengan para siswa yang kami cintai, kalian mulai diterima di SMA Negeri 1 Manado sejak PPDB 3 tahun yang lalu, dan sekarang ini, kami melepas kepergian kalian semua untuk menggapai cita-cita setinggi langit yang merupakan harapan orang tua. Kami berpesan bagi yang akan melanjutkan pendidikan, teruslah berjuang karena kelulusan ini bukan akhir tetapi awal dari pergumulan berikutnya,” tutup Kepsek Kalangi.

Hadir pada acara Penamatan dan pelepasan siswa kelas XII Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekprov Edwin Silangen SE MS, Kadis Dikda Provinsi Sulut dr Grace Punuh MKes, para guru dan staf SMAN 1 Manado, para lulusan dan orang tua siswa serta undangan. (Ferry)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*