http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

APBD Perubahan Running! ASN dan THL Minut “Mandi Duit”

Jimmy Mekel dan Petrus Macarau

Jimmy Mekel     dan       Petrus Macarau

MINUT, Mediamanado- Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Minahasa Utara boleh menghirup angin segar. Pasalnya, pemerintah Kabupaten Minahasa Utara sudah mulai mencairkan tunjangan kinerja daerah (TKD) bagi ASN dan honor bagi tenaga harian lepas (THL).

Hal tersebut sebagaimana dibenarkan oleh Kepala Badan Keuangan Petrus Macarau. Menurutnya, kewenangan proses pembayaran ada pada perangkat daerah masing-masing atau di tiap SKPD. “Proses pencairan sudah bisa. Jadi kecepatan masing-masing perangkat daerah baik tunjangan kinerja daerah bagi Aparatur Sipil Negara maupun honor bagi tenaga harian lepas,” katanya kepada mediamanado.

Lebih lanjut ditambahkan Macarau, bahwa di Dinas Komunikasi dan Informatika serta Persandian sudah melakukan proses pembayaran kepada para ASN. “Pada Dinas Kominfo sudah cair pada hari jumat,” tambahnya.

Senada Pjs. Bupati Minut Clay Dondokambey kepada wartawan beberapa hari lalu, telah memastikan kalau pembayaran TKD dan Honor THL sudah bisa diproses oleh tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk dibayarkan secepatnya. “Yang pasti secepatnya perubahan APBD 2020 sudah bisa berjalan,” ujarnya.

Sekda Jemmy Kuhu juga menambahkan bahwa tertundanya pembiayaan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) termasuk honor dan TKD, akibat adanya keterlambatan penyesuaian APBD Perubahan.
“Dan ini harus dimaklumi oleh seluruh jajaran ASN dan THL, sebab penyesuaian APBDP ini, memang harus dilakukan sesuai mekanisme, jadi tidak ada istilah sengaja menahan TKD dan honor THL, sebab kita masih sementara melakukan penyesuaian APBDP,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi 2 DPRD Minut Jimmy Mekel kepada wartawan menambahkan, agar Pemkab pada badan keuangan tidak mengutak-atik atau merubah pos anggaran yang sudah teranggarkan khususnya honor THL yang sudah diploting sampai dengan bulan Desember 2020 di anggaran perubahan. Terkait TKD ASN bulan November dan Desember menurutnya sementara dicarikan formulasinya oleh eksekutif dan akan terus dikawal oleh DPRD. “Kami akan kawal pembayaran hak ASN terkait TKD dan honor THL agar dibayarkan,” ujar Mekel yang juga Bendahara DPC PDI Perjuangan Minut.(Sweidy)

About Sweidy Pongoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*