http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

BUMDes Tababo Siapkan Internet Murah Bagi Masyarakat

IMG-20210118-WA0147

 

MITRA, MediaManado.com – BUMDes Jaya Makmur Pemerintah Desa Tababo, Kecamatan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menjalankan program Internet Murah bagi masyarakat menuju Desa Digital.

Hal ini diungkap Hukum Tua Tababo Erfi Liu saat ditemui awak media di Kantor Desa, Senin (18/01/2021).

“Program Internet Murah ini bertujuan untuk menuju Desa Digital, di mana saat keadaan menuntut menggunakan internet, baik itu di bidang pendidikan , pertanian , sosial dan budaya dan sebagainya,” ungkap Liu.

Menurut dia, hal itu dilakukan guna membangun kesadaran masyarakat menggunakan wahana ini, meningkatkan wawasan, juga sebagai bentuk penambahan income desa dengan mengadopsi kegiatan-kegiatan yang bisa masuk ke desa menuju masyarakat yang sejahtera.

Program ini juga bertujuan untuk memberikan internet murah bagi masyarakat, di bandingkan dengan membeli data di tempat lain

“Karena biasanya masyarakat membeli data internet perbulan, biasanya bisa sampai seratus lebih, dan dengan program ini masyarakat bisa gunakan internet hanya dengan 30 ribu rupiah /bulan,” terang Liu.

Ia berharap dengan program internet murah ini, masyarakat lapisan menengah ke bawah bisa merasakan dan mengakses semua kebutuhan mereka.

Internet murah ini juga bertujuan untuk perkembangan dunia pendidikan baik murid sekolah mau pun guru

” Dengan ini bisa membantu para murid belajar dan guru dalam mengajar, apa lagi saat di masa pandemi Covid-19 ini kegiatan di sekolah menggunakan sistem Daring dan Luring, sehingga internet ini bisa jadi solusi bagi dunia pendidikan, dengan pemberian internet gratis bagi murid dan guru dalam pembelajaran,” jelas Liu.

“Anggaran yang digunakan saat ini sangat terbatas, namun akan dilihat kedepannya, jika animo masyarakat meningkat nanti akan ditata di tahun 2021 ini akan di tamba 50 juta lagi untuk pengembangan,” pungkas Liu.

Dalam kesempatan itu Noval Sangko selaku protokol Desa Tababo induk juga menambakan bahwa saat ini alat yang digunakan saat ini bermerek Ubiquiti.

” Meski alat pemancar merek Ubiquiti ini buatan dari luar akan tetapi alat ini sudah teruji, karena sudah pernah kita uji di satu konser musik, dan alat ini hanya dengan menggunakan empat buah pemancar dan mampu menampung 1000 Hand Pone serta live secara bersamaan,” ucap Sangko.

Sangko juga menambakan saat ini pihaknya menggunakan alat pemancar dan bukan menggunakan sistem kabel

” Saat ini kami gunakan pemancar dan tidak menggunakan sistem kabel karena jika menggunakan sistem kabel konsekoensinya kami akan berhadapan dengan Telkomsel”, ucap Sangko

Alat ini menggunakan dua frekuensi , frekuensi 2,4 dan 5, kalau frekuensi 2,4 itu hanya mampu memancar 106 meter dan berputar dalam gelombang 360 derajat, dan untuk frekwensi 5 itu jaraknya sampai puluhan KM, dan kusus untuk antar desa ke desa

” Saat ini baru dua desa yang tercover yakni di Desa Tababo dan Tababo Selatan, nantinya kedepan sudah ada permintaan untuk Desa Beringin , Molompar , Watuliney dan Desa Mangkit,” tutup Sangko.

(Alfian Soriton)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*