http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Difasilitasi KLR, Dua Ekor Piton Berusia 12 Tahun Dilepas ke Tasikoki

Evakuasi satwa luar Ular Piton dari tempat penangkaran milik warga ke Pusat Penyelamatan Satwa di Tasikoki Bitung, Senin (14/09/2020)

Evakuasi satwa luar Ular Piton dari tempat penangkaran milik warga ke Pusat Penyelamatan Satwa di Tasikoki Bitung, Senin (14/09/2020)

 

BITUNG, MediaManado.com – Khouni Lomban Rawung (KLR), Ketua TP PKK Kota Bitung, sekaligus Duta Yaki Indonesia memfasilitasi pelepasan satwa liar jenis Ular Piton berusia 12 tahun┬áke Pusat Penyelamatan Satwa Tasikoki, Senin (14/09/2020).

Ini merupakan bukti betapa KRL berpihak pada pelestarian hewan liar, termasuk satwa Ular Piton.

Menurut KRL, evakuasi kedua satwa itu dilakukan, karena pemilik satwa tersebut tidak memiliki ijin resmi memelihara dan merawat Ular Piton itu.

“Pak Walikota tadi mengapresiasi ada masyarakat yang senang mau merawat satwa liar, serta ada kesadaran mau menyerahkan satwa tersebut ke pemerintah, mengingat Kota Bitung sedang terjadi luapan air, akibat curah hujan yang tinggi,” ungkap Khouni Lomban Rawung.

Memang, dua ekor satwa Ular Piton ini dipelihara warga cukup lama, bahkan keduanya diberi nama Chelsea dan Muna dengan panjang sekira 4 – 5 meter.

Hanya saja, warga yang memeliharanya, tidak memiliki ijin resmi, sehingga kedua satwa liar ini harus diamankan dari tempat penangkaran milik warga untuk dilepas di Pusat Penyelamatan Satwa Tasikoki, Bitung.

Sementara, Kepala Seksi Wilayah I BKSDA Sulut, Yakub Ambagau yang turun langsung mengevakuasi kedua datwa Ular Piton mengatakan, pihaknya akan mengembalikan kedua satwa liar tersebut kepada pemiliknya, apabila ijin resmi sudah dikantongi warga pemiliknya.

“Satwa liar tak bisa sembarang dipelihara oleh masyarakat. Karena kedua ular ini dipelihara tanpa ijin, maka kami akan evakuasi sementara ke Tasikoki. Kalau keluarga ini bersedia mengurus ijin secara resmi, maka akan segera kami kembalikan,” terang Yakub. (Tim)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*