http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

Dihadiri Kadis Olfy, PKBM Pasong Gelar Ujian Pendidikan Non Formal PAKET C

Kepala Dinas Pendidikan Minut Olfy Kalengkongan didampingi Sekertaris Pettra Enoch dan Kepala Seksi Kesetaraan Heysye Sumilat memantau pelaksanaan ujian Paket C oleh PKBM Pasong.

Kepala Dinas Pendidikan Minut Olfy Kalengkongan didampingi Sekertaris Pettra Enoch dan Kepala Seksi Kesetaraan Hesye Sumilat memantau pelaksanaan ujian Paket C oleh PKBM Pasong.

MINUT, Mediamanado – Sebanyak 515 peserta didik pendidikan non formal mengikuti ujian akhir yang dilaksanakan oleh Pendidikan Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pasong Airmadidi Bawah. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara Olfy Kalengkongan didampingi sekertaris Pettra Enoch dan Kepala Seksi Kesetaraan Hesye Sumilat.

Menurut Kadis Olfy, bahwa PKBM Pasong melaksanakan layanan pendidikan non formal bagi peserta didik yang tidak lulus dalam pendidikan formal. Dimana, ijazah yang didapat nantinya ketika lulus dalam ujian ini setara dengan pendidikan formal.

...

Kadis Olfy tampak memantau ujian kesetaraan PAKET C yang dilaksanakan oleh PKBM Pasong di Kelurahan Airmadidi Bawah.

“Untuk ujian akhir sebagaimana pendidikan non formal di PKBM ini namanya PAKET C dan ijazahnya nanti setara dengan lulusan pendidikan formal yang mendapatkan ijazah SMA atau SMK. Untuk SMP disebut PAKET B selanjutnya jika tingkat sekolah dasar mendapatkan ijazah PAKET A,” ujar Kadis Olfy saat memantau langsung pelaksanaan ujian PKBM Pasong di Kelurahan Airmadidi Bawah pada Selasa (06/04/21) siang.

Dijelaskan Kepala PKBM Pasong Fietje Luntungan, jika pelaksanaan ujian akhir ini tetap mengikuti protokol kesehatan sebagaimana anjuran dari pemerintah. Adapun jumlah peserta diikuti oleh 515 yang berlangsung serentak di 11 Desa se Kabupaten Minahasa Utara, diantaranya Kelurahan Airmadidi Bawah yang mencapai hampir seratus siswa, selanjutnua di desa Kawangkoan, Winetin, Bulo, Kulu, Tarabitan, Mumbune, Batu, Kampung Ambong, Winuri dan Paslaten. Adapun untuk mata pelajaran ujian pendidikan kesetaraan Paket C oleh PKBM Pasong tahun ajaran 2020/2021 antara lain PPKn, Bahasa Indonesia, Agama, Bahasa Inggris, Sosiologi, Matematika, Geografi, Ekonomi dan Sejarah.

“Kegiatan ujian pendidikan kesetaraan atau PAKET C ini berlangsung selama empat hari sejak selasa tanggal enam sampai sembilan april. Meski pendidikan kesetaraan ini merupakan non formal, namun peserta didik ini tetap diberikan soal pembelajaran yang diberikan untuk belajar di rumah. Kami sebut modul tugas pembelajaran sesuai kurikulum yang nantinya dijadikan soal belajar selama jadi peserta didik di PKBM Pasong,” kata Luntungan sembari menyebut jika para peserta didik PKBM Pasong tidak diwajibkan membayar biaya ujian maupun selama menjadi peserta didik. (**)

Penulis : Sweidy Pongoh

About Sweidy Pongoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*