http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

Diikuti Mappilu PWI Sulut; Bawaslu Sulut Konsolidasi Pengawasan Pilkada Bersama Pemantau dan Relawan Pengawasan

IMG_20201121_125425_1_640x480

 

MINUT, MediaManado.com – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sulawesi Utara (Bawaslu Sulut) menggelar konsolidasi pengawasan melalui Rapat Koordinasi Bersama Pemantau dan Relawan Pengawasan Pemilihan pada Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di Provinsi Sulawesi Utara tahun 2020 bertempat di Sutan Radja Hotel, Minahasa Utara, Sabtu (21/11/2020) pagi.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Sulut, Dr Herwyn Malonda SH MH ini, diikuti Ketua Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut, Jimmy Senduk.

Kegiatannya pun tetap menerapkan protokol kesehatan, diantaranya setiap peserta mencuci tangan, memakai masker (masker dan hand sanitizer disiapkan penyelenggara kegiatan), serta tempat duduk diatur berjarak.

IMG_20201121_135222_640x480

Pada kesempatan itu, Herwyn Malonda memberi apresiasi kepada para Pemantau dan Relawan Pengawasan yang saat ini berkomitmen untuk benar-benar mendorong terciptanya demokrasi yang bermartabat serta menghasilkan pemimpin daerah yang bersih dan berintegritas, namun tetap memprioritaskan keselamatan masyarakat dari pandemi Covid-19.

Rakor ini menghadirkan narasumber seperti Sunanto (Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah), Salman Saelangi (Komisioner KPU Sulut) dan Johny Suak (Jaringan Demokrasi Indonesia Sulut).

Sunanto menekankan pentingnya tenaga pemantau dan relawan pengawasan yang partisipatif, mengingat besarnya tanggungjawab baik KPU maupun Bawaslu terhadap Pilkada Serentak.

IMG_20201121_113342_640x480

“Para pemantau dan relawan pengawasan pun patut disiapkan SDM-nya, supaya mereka terlatih, paham terhadap aturan sehingga tugas-tugas dapat dipertanggungjawabkan,” tandas Sunanto.

Komisioner KPU Sulut, Salman Saelangi pun berharap dengan kehadiran para Pemantau dan Relawan Pengawasan pada Pilkada Serentak 2020, proses demokrasi berjalan baik dan produk Pilkada pun menghasilkan pemimpin yang benar-benar dipilih sesuai hati nurani masyarakat, dan bukan dari hasil intimidasi atau money politic.

Selain itu, Ketua Jaringan Demokrasi Indonesia Sulut, Johny Suak ikut memberikan motivasi bagi para Pemantau dan Relawan Pengawasan terkait tupoksi yang patut dilakukan saat berada di lapangan.

IMG_20201121_141553_640x480

Ia pun meminta para Pemantau dan Relawan Pengawasan untuk bersikap jeli terhadap kondisi di lapangan.

“Karena hanya dengan integritas teruji, maka para pemantau dan relawan pengawasan menjadi pribadi yang terpuji dalam membangun demokrasi yang bermartabat,” kata Johny Suak.

Terkait, kegiatan ini, Ketua Mappilu PWI Sulut, Jimmy Senduk mengapresiasi kegiatan Bawaslu Sulut.

IMG_20201121_113809_640x480

“Kegiatan seperti ini sangat penting agar teman-teman pemantau dan relawan pengawasan mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan dan pemantauan di lapangan, terlebih di Pilkada Serentak 2020, yang sedang berlangsung tahapan-tahapannya saat ini,” kata Jimmy Senduk.

Adapun Pemantau dan Relawan Pengawasan yang hadir yaitu; Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu ((Mappilu) PWI Sulut, Jaringan Pendidikan Pemilu untuk Rakyat (JPPR) Sulut, Network format Indonesian Democratic Society (NETFID) Sulut, Generasi Penerus Perjuangan Merah Putih (GasMP), Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Sulut. (Ferry)

 

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*