http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

4 Tahun ODSK, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Genjot Budaya Baca dan Sadar Tertib Arsip

JANI N LUKAS SPI MSI, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulut

JANI N LUKAS SPI MSI, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulut

 

MANADO, MediaManado.com – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jani N Lukas SPi MSi mengatakan, jajarannya terus menggenjot Budaya Baca dan Kesadaran Tertip Arsip senafas dengab Visi dan Misi Pemerintahan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw (ODSK).

Hal itu disampaikan Jani Lukas kepada MediaManado.com di Peringatan 4 Tahun ODSK menahkodai Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (12/02/2020).

“Membangun Budaya Baca dan Kesadaran Tertip Arsip merupakan program pemerintah yang harus dilakukan di era digital saat ini, selain kita memiliki gedung yang representatif, namun kita juga patut menghadirkan layanan perpustakaan berbasis digital dan tertip pengelolaan arsip yang berbasis digital pula,” ungkap Jani.

Penyerahan

Penyerahan Aplikasi e-Arsip dari ANRI ke Pemprov Sulut 

Dia menyebutkan bahwa program budaya baca telah dijabarkan instansinya melalui kegiatan Road Show Perpustakaan baik di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Kota Kotamobagu dan di Kabupaten Siau Tagulandang dan Biar (SITARO).

Kegiatan inipun dibuka Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw dan tidak luput dari dukungan Drs Deddy Junaedi MSi selaku Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI yang turut hadir bersama dukungan stakeholder terkait.

Inovasi lainnya yang terus dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi ini, berupa program rehab gedung pada tahun 2019 dan Launching ODSK Digital Library dan penambahan koleksi digital melalui aplikasi e-Sulut.

Launching Program Gemar Budaya Membaca oleh Wagub Drs Steven OE Kandouw di Kabupaten SITARO

Launching Program Gemar Budaya Membaca oleh Wagub Drs Steven OE Kandouw di Kabupaten SITARO

Guna memperkuat Sumber Daya Perpustakaan, tambah Jani Lukas, maka pihaknya menggelar berbagai lomba, diantaranya Lomba Bercerita dan Lomba Pustakawan di daerah.

Para pemenang lomba itupun berhasil diikutsertakan pada lomba tingkat nasional sebagai utusan Provinsi Sulut, yaitu;

1.Nadia Brigitta Dara (Finalis Lomba Bercerita Anak Tingkat Nasional) tahun 2017.
2.Jimmy Sangian (Finalis Lomba Bercerita Anak Tingkat Nasional) tahun 2018.
3. Flora MZ Kaweng S.Sos (Finalis Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional) tahun 2017.
4.Nanung S Rijal (Finalis Pustakawan Berprestasi Tngkat Masional) tahun 2018
5.Terpilihnya Duta Baca Sulut Faradilla Bachmid Api,CLNP.
6. Patrix Lapian (Finalis Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional) tahun 2019.

Pada tahun 2019, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Dr Moestary menyerahkan Aplikasi e-Arsip kepada Pemerintah Provinsi Sulut melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi. Aplikasi e-Arsip merupakan inovasi yang akan terus dikembang di daerah ini.

received_619444205282245_800x610_800x610

Guna memperkuat SDM yang trampil Kearsipan, maka semua pengelola Kearsipan Daerah di Provinsi dan Kabupaten/Kota diwajibkan mengikuti Bimtek Pengelola Arsip dan Penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA).

Dijelaskan bahwa di awal tahun 2020, ODSK terus mensupport instansi ini untuk terus berinovasi di bidang Perpustakaan dan Kearsipan.

Sehingga untuk Bidang Perpustakaan, telah diserahkan oleh Perpustakaan Nasional (diwakili Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan pengkajian minat baca Drs Denny Kurniadi MHum), satu unit Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) yang dilengkapi dengan Koleksi Bacaan dan Fasilitas Audio Visual berbasis Digital kepada Pemprov Sulut melalui Kepala Dinas Jani Lukas.

Bersama Duta Baca Sulut

Bersama Duta Baca Sulut

Di Bidang Kearsipan, di awal tahun 2020 ini telah diserahkan oleh ANRI, perangkat dan aplikasi berbasis teknologi melalui Sistem Kearsipan Dinamis (SIKD). Sasaranya agar kedepan, semua arsip yang ada di Sulut dapat terhimpun dalam satu wadah melalui Depo Arsip yang akan direalisasikan sebagai inovasi tahun 2020.

“Kita semua berharap agar Perpustakaan dapat menjadi wahana pembelajar sepanjang hayat, dan Arsip sebagai simpul pemersatu bangsa kita,” tutup Jani Lukas. (Ferry)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*