http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Gunakan Rapid Test, 192 Orang KERT NEGATIF Covid-19

Jubir Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel MPH

Jubir Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel MPH

 

MANADO, MediaManado.com – Menggunakan alat Rapid Test, Tim Satgas Covid-19 selama dua hari terakhir (Sabtu dan Minggu) melakukan pemeriksaan terhadap 192 orang yang terkontak erat resiko tinggi (KERT) dari kasus yang terkonfirmasi Covid-19.

“Hasil pemeriksaan dari 192 orang KERT itu, dinyatakan NEGATIF atau Non Reaktif Covid-19,” kata Jubir Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel MPH saat Konferensi Pers di Media Center Satgas Covid-19 Provinsi Sulut, Senin (30/03/2020) malam.

Memang, pemeriksaan dengan Rapid Test harus dilakukan sebanyak dua kali pada yang bersangkutan melalui pengambilan sampel darah oleh tenaga medis profesional yang terlatih. Dan 192 orang KERT ini telah melewati pemeriksaan awal dan hasilnya NEGATIF Covid-19.

Rapid Test ini pun diprioritaskan bagi pemeriksaan pada Orang dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP), para Tenaga Kesehatan yang berada di garda terdepan yang setiap hari berhadapan dengan orang sakit dan pada Orang Tanpa Gejala tapi terkonfirmasi berada dekat dengan orang positif Covid-19.

Selain itu, Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara juga menunggu hasil pemeriksaan Rapid Test dari pihak rumah sakit yang telah menerima alat ini sesuai prioritas di atas.

“Kita lagi menunggu laporan dari mereka bagaimana aktivitas pemeriksaannya, hasilnya seperti apa. Karena Rapid Test ini akan menggambarkan sebaran epidemiology dari Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara. Ini sangat membantu untuk kami Satgas Covid-19, mengetahui kira-kira sejauhmana transmisi dari Covid-19 ini di Provinsi Sulawesi Utara,” tutur Steaven Dandel.

Sementara untuk Update Covid-19 hari ini (Senin, 30/03/2020), Dandel menyebutkan bahwa Positif Covid-19 tidak bertambah (1 masih dirawat, 1 sembuh), PDP 17 (13 dirawat isolasi di RSUP Prof Kandou Manado, 1 di RS Teling, 1 di RSUD Sam Ratulangi Tondano, 1 di RS Kota Kotamobagu dan 1 di RSUD Talaud), sedangkan ODP sebanyak 377. (Ferry)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*