http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

KKG Agama Islam Minut Gelar Penyusunan Kisi-kisi Ujian Akhir Sekolah Dasar

Sekertaris Dinas Pendidikan Dra. Pettra Enoch, M.Pd saat menghadiri KKG PAI Minut bersama Pengawas dan Seksi Pendidikan Agama Islam Kemenag Minut.

Sekertaris Dinas Pendidikan Dra. Pettra Enoch, M.Pd saat menghadiri KKG PAI Minut bersama Pengawas dan Seksi Pendidikan Agama Islam Kemenag Minut.

MINUT, Mediamanado – Kelompok Kerja Guru (KKG) dan musyawarah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melaksanakan kegiatan penyusunan kisi-kisi penulisan soal ujian akhir sekolah dasar se Kabupaten Minahasa Utara, Tahun ajaran 2020-2021 yang berlangsung selasa (06/04/21) di SD Cokroaminoto Kauditan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekertaris Dinas Pendidikan Minut Dra. Petrra Enoch M.Pd dan Pengawas Pendidikan Agama Islam Kemenag Kabupaten Minut Dra. Ramla Kolondam M.Pd bersama Kepala Seksi Pendidikan Kemenag Selfia Asram, M.Pd dan puluhan guru pendidikan agama islam yang ada di kabupaten Minahasa Utara. Tampak, pelaksanaan kegiatan sebagaimana terpantau dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Puluhan Guru pendidikan agama Islam yang tergabung dalam KKG PAI Minut saat melakukan penyusunan soal ujian akhir sekolah tahun ajaran 2020-2021.

Puluhan Guru pendidikan agama Islam yang tergabung dalam KKG PAI Minut saat melakukan penyusunan soal ujian akhir sekolah tahun ajaran 2020-2021.

Menurut Sekertaris Pettra Enoch, menyampaikan bahwa ini perlu dilakukan, karena soal-soal yang akan diujikan merupakan hasil musyawarah antar guru KKG PAI se Minut. “Nantinya guru bisa melakukan pembahasan dan pendalaman materi pelajaran agar sesuai dengan tujuan soal dan perangkat pembelajaran untuk ujian akhir sekolah di masa pandemi ini. Sebab, untuk ujian nasional sudah ditiadakan,” ujarnya kepada medimanado.

Dikatakan Kepala Seksi Pendidikan Kemenag Selfia Asram, menjelang ujian akhir sejolah di masa pandemi ini KKG agama islam se Minut sudah memasuki finalisasi penyusunan soal ujian. Meski sudah ditiadakan ujian nasional, namun begitu kisi-kisi penyusunan soal ujian sudah berstandar Nasional.
“Penyusunan kisi-kisis ini sudah memasuki pertemuan akhir untuk verifikasi yang nantinya akan digunakan dalam ujian akhir sekolah untuk pendidikan agama islam se kabupaten Minut. Dalam penyusunan soal ini, Kemenag berperan penting untuk supaya jangan ada soal ujian yang menjurus pada radikalisme,” katanya.

Ditambahkan Pengawas Pendidikan Agama Islam Kemenag Kabupaten Minut Dra. Ramla Kolondam menyatakan, jika pihaknya secara rutin melakukan pengawasan terhadap 28 guru yang tergabung dalam KKG PAI ini, agar supaya soal yang dihasilkan untuk ujian akhir telah tersusun dengan baik.
“Kegiatan penyusunan ini telah dilakukan beberapa kali pertemuan dan saat ini sudah akhir untuk verifikasi. Untuk teknisnya kami telah membagi kelompok dari kelas 1 sampai kelas 6 dan kisi-kisi soal ujian sudah sesuai dengan aturan dan sama dengan soal yang digunakan secara nasional,” tutup Kolondam. (**)

Penulis : Sweidy Pongoh

About Sweidy Pongoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*