http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

KPU Mitra Gelar Penyuluhan Produk Hukum Pada Stakeholder

IMG-20201017-WA0014

 

MITRA, MediaManado.comРDi masa pandemi Covid-19 ini, banyak kegiatan dan program pemerintahan baik Pusat dan Daerah tidak berjalan seperti biasanya. Namun mengingat tahapan pencoblosan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tidak lama lagi, maka KPU Minahasa Tenggara (Mitra) terus berupaya, agar Pilkada Serentak bisa berjalan sesuai hukum yang berlaku.

KPU Mitra pun menggelar kegiatan Penyuluhan Produk Hukum bertempat di D’Talaga Resto, Wioi Jaga III, Ratahan, Jumat (16/10/2020).

Kegiatan ini berlangsung sambil menerapkan protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan demi untuk memutuskan rantai Covid-19.

IMG-20201017-WA0015

Adapun tujuan kegiatan ini yakni agar masyarakat dapat mengetahui dan memahami peraturan – peraturan yang berlaku mengenai Pemilukada 2020.

“Tujuan dengan dilaksanakannya penyuluhan produk hukum ini, sekiranya kita dapat memberikan beberapa ketentuan terkait Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur kepada stakeholder, baik itu Ormas maupun dari Panwaslu dan dari instansi pemerintah agar supaya mereka bisa ikut serta menyebar luaskan produk hukum ini pada masyarakat,” ungkap Meidy Tinangon, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sulut.

Ia pun berharap Pilkada Serentak 2020 ini bisa berjalan sesuai koridor hukum yang berlaku.

Sementara KPU Mitra Wolter Dotulong melalui Ketua Divisi Teknis Penyelenggara, sekaligus Ketua Divisi Data dan Perencanaan, Jhonly Pangemanan memaparkan kondisi di lapangan.

IMG-20201017-WA0013

“Untuk di Kabupaten Mitra, baru selesai penetapan Daftar Pemilihan Tetap (DPT), dengan jumlah pemilih 85.377 orang dan jumlah TPS sebanyak 280. Begitu juga dengan personil KPPS yang telah kami rekrut, selain tambahan 2 orang sebagai keamanan, jumlah KPPS sebanyak 1.960 petugas,” terang Pangemanan.

Ia menambahkan bahwa menjadi kebiasaan seperti pada pemilihan lalu, banyak masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya, karena alasan yang berbeda – beda.

“Dengan adanya penetapan DPT, maka harapannya agar mereka dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada tanggal 9 Desember nanti,” tutup Pangemanan. (Alfian Soriton )

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*