http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Resize_2019-03-16_13-57-27-075

Kuron Hadiri Rakornas Bidang Perpustakaan 2019

Resize_2019-03-16_13-57-27-075

 

JAKARTA, MediaManado.com – Plt Kadis Perpustakaan Kabupaten Minahasa Drs Dolfie Kuron MBA memenuhi undangan guna mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2019 yang berlangsung sejak tanggal 13 – 16 Maret di Hotel Bidakara Jakarta Selatan.

Rakornas Bidang Perpustakaan dibuka Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan diikuti Kepala Perpustakaan Kabupaten dan Kota se-Indonesia mengusung tema “Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Minahasa Dolfie Kuron mengatakan, Rakornas ini memiliki tujuan penting seperti;

Pertama, Mengintegrasi dan mensinkronisasikan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca antara pemangku kepentingan pembangunan perpustakaan lingkup pusat dan daerah.

Resize_2019-03-16_13-57-55-199

Kedua, Mengidentifikasikan permasalahan dan isu isu strategis terkait dengan pembangunan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca 2020.

Ketiga, Menyelaraskan pelaksanaan program, kegiatan, sasaran dan fokus pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca di seluruh indonesia.

Menurut Kuron, kegiatan ini diikuti oleh berbagai kalangan, baik pemerintah, swasta maupun independen yang berkaitan langsung dengan upaya pengembangan perpustakaan di Indonesia dengan estimasi peserta 2.109.

Sementara, Najwa Shihab sebagai duta Baca Indonesia turut hadir.

Acara Rakornas dibuka Mendagri Tjahyo Kumolo SH dan menyampaikan agar Perpustakaan Daerah Propinsi maupun Kota Kabupaten agar dikembangkan.

“Dunia tidak bisa berubah tanpa imajinasi
Imajinasi akan muncul dengan membaca. Saya Drs Doktor Kuron MBA Plt Kadis Perpustakaan Minahasa, menyampaikan terima kasih
Kepada Bapak Bupati Royke Oktavian Roring Msi, Pak Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi dan Pak Sekda Jeffry Korengkeng SH MSi yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti Rakornas,” kata Kuron.

Resize_2019-03-16_13-58-25-376

Dia menerangkan, ada banyak hal berupa pengalaman yang sangat berarti yang telah diterima lewat Rakornas ini, yang nantinya dijadikan sebagai bekal dan modal bagaimana mengembangkan dan menggairahkan Perpustakaan di Minahasa.

“Menjadikan masyarakat berkuatitas, memiliki sumber daya yang handal dan sejahtera lewat cinta, gemar, suka membaca,”ujarnya.

Kegiatan menghadirkan beberapa narasumber, yakni; Tjahjo Kumolo (Menteri dalam Negeri), Prof.Dr Muhadjir Edfendy (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Eko Putro Handjojo, BSEE.,M.BA (Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi). (Terry Lumentut)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*