http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

Liow Berhasil Redam Aksi Demo PPKM di Deprov dan Kantor Gubernur Sulut

Evans Steven Liow, S.Sos, Kaban Kesbangpol Sulut berada di tengah-tengah pendemo, menenangkan dan memberikan penjelasan terkait sikap pemerintah, Kamis (26/08/2021).

Evans Steven Liow, S.Sos, Kaban Kesbangpol Sulut (kemeja motif merah-hitam) berada di tengah-tengah pendemo, menenangkan dan memberikan penjelasan terkait sikap pemerintah, Kamis (26/08/2021).

 

MANADO, MediaManado.com – Sekelompok warga yang menamakan diri, Aliansi Merah Putih Pejuang Penuntut Keadilan Masyarakat (PPKM) melakukan aksi demo di dua lokasi yakni di Kantor DPRD Sulut dan Kantor Gubernur Sulut, Kamis (26/08/2021).

Para pendemo menuntut agar penanganan Covid-19, terlebih penetapan sejumlah wilayah di Sulut masuk kategori level III maupun IV ditiadakan, mengingat kondisi masyarakat saat pandemi Covid-19 sulit untuk memenuhi kebutuhan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Provinsi Sulut, Evans Steven Liow S.Sos, turun ke dua lokasi sasaran aksi demo, baik di DPRD Sulut maupun di Kantor Gubernur Sulut.

Aksi heroik Kaban Kesbangpol begitu jelas terlihat, hadir di tengah-tengah para pendemo untuk memberikan penjelasan secara baik-baik agar para pendemo tidak melakukan aksi anarkis dan tetap patuh pada protokol kesehatan dan aturan menyampaikan aspirasi sebagaimana ruang yang diberikan pihak Sekretariat DPRD Sulut, hanya depan portal masuk.

Liow pun terlihat ikut mendampingi Sekretaris DPRD Sulut, Glady Kawatu SH saat menerima para pendemo. Maklum, saat ini para Anggota DPRD Sulut masih turun melakukan reses pada Daerah Pemilihan (Dapil) asal mereka.

“Ini juga menjadi tanggungjawab Kesbangpol karena terkait stabilitas daerah,” ujar Liow saat ditanya kehadiran dirinya di tengah aksi demo.

Diplomasi Liow untuk menenangkan para pendemo dilakukan dengan menemui koordinator lapangan aksi demo. Karakter psiko sosial yang dimilikinya, membuat Liow dengan mudah berhasil menenangkan emosi pendemo.

Aksi pasang badan itu juga dilakukan Kaban Kesbangpol Sulut ini saat berada di tengah-tengah para pendemo yang hanya dibatasi ruang orasi mereka di depan gerbang masuk Kantor Gubernur Sulut di Jl 17 Agustus.

Evans Steven Liow, S.Sos bersama Sekretaris DPRD Sulut, Glady Kawatu melayani pendemo

Evans Steven Liow, S.Sos bersama Sekretaris DPRD Sulut, Glady Kawatu siap melayani pendemo

Liow pun berhasil menenangkan para pendemo yang hanya beraksi di depan gerbang masuk.

“Teman-teman pendemo, jangan anarkis. Jangan merusak gerbang. Jangan memaksa masuk. Karena ada aturan yang berlaku di dalam Kantor Gubernur selama pandemi Covid-19, protokol kesehatan dan sistem pelayanan dan kerja,” terang Liow kepada pendemo.

Ucapan Liow pun ikut dipatuhi para pendemo. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Korlap demo Alkindi Bilfaqih dan kawan-kawan karena mematuhi dan mendengarkan penjelasannya.

Sebelum Asisten I Drs Edison Humiang MSi menerima dan mendengarkan aspirasi para pendemo, Kaban Kesbangpol Sulut ini ternyata sudah terlebih dahulu berada dan memberikan penjelasan atas aspirasi para pendemo.

“Soal pemberlakuan PPKM ini harus dipahami berasal dari Pimpinan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, pak Airlangga Hartarto, bukan dari pak Gubernur Sulut, Pak Olly Dondokambey SE,” jelas Liow.

Sementara untuk bantuan sosial, kata Liow sedang berjalan bagi masyarakat yang terdampak. Sedangkan, isu-isu terkait pelayanan bagi para pasien, yang dicovidkan oleh RSUP Malalayang, sedang dibahas.

“Memang aspirasi-aspirasi dari para pendemo, sedang dicarikan jalan keluar baik oleh DPRD Sulut, Pemprov Sulut dan RSUP Malalayang,” tutup Liow.

Di balik sosoknya yang tegas dan komunikatif, Kaban Kesbangpol Sulut ini memiliki sikap sosial. Itu terlihat saat para pendemo dibelikan gorengan.

Ia juga berterima kasih kepada aparat kepolisian daerah yang tetap bersama pemerintah daerah dan masyarakat menjaga stabilitas daerah ini, apalagi di masa pandemi Covid-19. (Ferry)

 

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*