http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Manfaatkan Teknologi Percepatan Tanam Komoditi, Pjs Bupati Clay: Ini akan Tingkatkan Produksi Petani

Penanaman komoditi pertanian menggunakan sarana teknologi

Penanaman komoditi pertanian menggunakan sarana teknologi

 

MINUT, MediaManado.com – Pjs Bupati Minahasa Utara, Clay June Dondokambey SSTP MAP mengatakan, percepatan penanaman komoditi pertanian dengan memanfaatkan teknologi, justru sangat membantu meningkatkan produksi bagi para petani di Minahasa Utara.

Hal itu disampaikan Pjs Bupati Clay saat menghadiri kegiatan Dinas Pertanian Minut dalam rangka Percepatan Tanam Komoditi Pertanian Musim Panas Oktober 2020 – Maret 2021, dirangkai dengan Hari Pangan se-Dunia dan Apel Kerja jajaran Distan dan Kelompok Tani (Poktan) bertempat di Jln Soekarno, Minut, Selasa (20/10/2020).

Pjs Bupati Clay pun mengapresiasi pernyataan Kepala Balitpalma Manado bahwa masyarakat harus up to date terhadap upaya-upaya peningkatan hasil pertanian, beradaptasi dengan tata kelola berbasis teknologi.

“Mungkin pada beberapa tahun lalu, pola penanaman relatif sama. Akan tetapi perlu ada kajian-kajian pada cara bertanam dengan memanfaatkan teknologi yang patut diperkenalkan kepada petani. Untuk itu, para petani diharapkan bisa beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi, sehingga akan meningkatkan produksi pertanian,” terang Clay.

Pjs Bupati Clay saat melakukan uji coba alat mesin pertanian, tractor, Selasa (20/10/2020)

Pjs Bupati Clay saat melakukan uji coba alat mesin pertanian, tractor, Selasa (20/10/2020)

Sementara itu, Kadis Pertanian Kabupaten Minut, Ir Wangke S Karundeng MAP mengatakan, guna mendukung pencapaian produksi pertanian tahun 2020 di Kabupaten Minut, maka pada tahun anggaran 2020 pemerintah pusat mengalokasikan bantuan.

Adapun bantuan itu berupa; benih jagung untuk lahan seluas 15 ribu hektar, bantuan benih padi ladang untuk lahan seluas 1.500 hektar, bantuan benih padi sawah seluas 2.000 hektar, bantuan benih kedelai seluas 3.000 hektar dan perluasan areal tanam baru padi ladang 890 hektar, serta alat-alat mesin pertanian.

Selain itu, kata Wangke, peringatan Hari Pangan se-Dunia yang jatuh pada 16 Oktober 2020 menjadi momentum meningkatkan kesadaran terhadap masalah di balik kemiskinan dan kelaparan.

Pjs Bupati Minut melakukan panen jagung

Pjs Bupati Minut melakukan panen jagung

Menurutnya, fokus Hari Pangan se-Dunia adalah pangan merupakan hak asasi manusia yang mendasar dan fundamental di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini. Hari pangan sedunia seharusnya menjadi kesempatan menggaungkan kerjasama dan solidaritas global untuk menghadapi ancaman krisis pangan.

“Kita harus menyadari bahwa setiap orang memiliki peran dalam mengubah sistem pangan dengan cara memperbaiki, cara memproduksi, mengolah, menkomsumsi, dan membuang makanan, dengan mengangkat tema food growth, food knowledge, food sustainable, and food together,” ujar Wangke.

Ia berharap, selain mampu mempertahankan akses pangan yang aman bergizi bagi semua orang, juga dapat meningkatkan penghargaan bagi petani.

20-33-18-IMG_20201020_100300-768x576

Pada kegiatan ini, Pjs Bupati Clay menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para Kelompok Tani (Poktan) dan melakukan penanaman komoditi menggunakan teknologi, panen jagung serta ujicoba alat traktor.

Kegiatan ini dihadiri Sekdakab Minut Ir Jemmy H Kuhu MA, Asisten II Setdakab Minut,,Drs Alan Mingkid, Kepala Balitpalma Manado, Dr Ir Ismail Maskromo, MSi, Kepala BPTP Provinsi Sulut, Sekertaris Dinas Pertanian Provinsi Sulut, Camat Dimembe, Danramil, mewakili Kepala Kantor Karantina Pusat Manado, para penyuluh dan Ketua Poktan se-Kabupaten Minut. (*/ferry)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*