http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Mentalitas dan Perilaku ASN dan Petugas, Kunci Sukses Pelayanan SAMSAT

Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen SE MS saat membuka Kegiatan Tim Pembina SAMSAT Provinsi Sulut, Rabu (04/12/2019)

Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen SE MS saat membuka Kegiatan Tim Pembina SAMSAT Provinsi Sulut, Rabu (04/12/2019)

MANADO, MediaManado.com – Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen SE MS menegaskan, sekalipun berbagai tugas yang diemban telah dibantu dengan menggunakan sistem teknologi, akan tetapi mentalitas dan perilaku baik ASN maupun petugas menjadi kunci sukses pelayanan di SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap).

“Mental dan perilaku itu sangat penting, karena hal itu menjadi kunci sukses dan kelancaran semua tugas pelayanan kita,” kata Sekdaprov Silangen saat membuka kegiatan Rapat Tim Pembina SAMSAT Provinsi Sulut di Aryaduta hotel Manado, Rabu (04/12/2019) pagi.

Menurut Silangen, dengan menjaga mentalitas dan perilaku yang baik, justru tidak akan menjerumuskan ASN dan Petugas ke ranah hukum. Apalagi ada wajib pajak yang menitipkan uang untuk membayar pajak, tapi justru tidak disetorkan karena tergoda, maka hal itu bisa bermasalah hukum di kemudian hari.

Selain itu, Silangen mengingatkan agar para ASN Bapenda Sulut mengikuti regulasi yang sudah ada.

“Karena itu, janganlah lalai dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab, sehingga tidak terjadi kebocoran. Kita benar-benar menghindari apa yang tidak kita inginkan,” tandas Sekdaprov Silangen.

Silangen juga mengapresiasi kerjasama ketiga lembaga di jajaran UPTD SAMSAT yang tersebar di Kabupaten dan Kota se-Sulut yakni Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulut, Polri dan PT Jasa Raharja yang menjalankan tugasnya masing masing dengan target yang ditetapkan masing-masing lembaga tersebut.

Diketahui, SAMSAT merupakan suatu sistem administrasi terpadu yang dibentuk untuk mempermudah, mempercepat, dan memperlancar pelayanan kepada masyarakat terkait dengan pengurusan dokumen kendaraan bermotor dalam satu gedung.

20191204_152103_640x381

SAMSAT bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) yang berhubungan dengan pemasukan uang ke kas negara melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Setiap lembaga memiliki peran masing-masing, dimana Polri berperan dalam menerbitkan STNK, Dinas Pendapatan Provinsi berperan dalam menetapkan besarnya PKB dan BBN-KB, sedangkan PT. Jasa Raharja berperan mengelola SWDKLLJ.

“Masing masing, memiliki target capaian. Semoga di bulan Desember, target yang sudah ditetapkan, bisa dicapai. Dan itu semua, berkat kerja keras bapak dan ibu sekalian,” ucap Silangen.

Apalagi, tambah Silangen, dengan sistem Online, E-SAMSAT, pekerjaan semakin terbantu dengan layanan teknologi, bahkan kerjasama melalui Bank SulutGo dalam transaksi pembayaran berbasis teknologi, wajib pajak makin mudah menyetor uang pajak melalui SAMSAT Online. Layanan ini semakin terpadu mencapai target yang sudah ditetapkan.

“Kita juga bekerjasama dengan Bank SulutGo. Karena bank milik daerah ini, dari waktu ke waktu terus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada wajib pajak. Terimakasih kepada Bank SulutGo yang bisa membantu, bersama Bapenda Sulut melancarkan semua yang diharapkan, yang diinginkan oleh masyarakat, supaya ketika dia membayar pajaknya, dia memperoleh kemudahan karena sudah menggunakan teknologi, memanfaatkan teknologi yang tersedia saat ini,” ungkap Silangen.

Sebagai informasi, terhitung per tanggal 30 November 2019, Bapenda yang dinahkodai Olvie Atteng berhasil membukukan penerimaan PAD senilai Rp952,076,115,170 atau 90.81 persen dari target yang ditetapkan Rp1,048,402,625,200.

Hadir pada kegiatan ini, Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sulut Kombes Pol Iwan Sonjaya SIK, Kepala Bapenda Sulut Olvie Atteng, Kepala Unit Operasional PT Jasa Raharja Sulut Lumalo Marajuang Harahap, jajaran UPTD SAMSAT se-Sulut, perwakilan Bank SulutGo, dan Staf jajaran Bapenda Sulut. (Ferry)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*