http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Merekat Tradisi Kasih di Halal Bihalal, Gubernur Olly : Hablum Minallah Wa Hablum Minannas

OLLY DONDOKAMBEY SE, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara

OLLY DONDOKAMBEY SE, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara

 

MANADO, MediaManado.com – Sebagai Laboratorium kerukunan, masyarakat Provinsi Sulawesi Utara terus menerus merawat toleransi dan persaudaraan di antara umat beragama.

Gubernur Olly Dondokambey SE sebagai tokoh pluralisme dan kerukunan mengatakan, momentum Halal Bihalal merupakan sebuah tradisi yang baik yang diturunkan kepada generasi agar bisa memaknai silaturahmi antar sesama anak bangsa, saling memaafkan satu dengan yang lain.

” Halal Bihalal ini semakin mempertebal dan mempertegas kerukunan dan kebersamaan kita sebagai satu saudara. Sehingga Halal Bihalal menjadi tradisi kasih,” tandas Gubernur Olly di acara Halal Bihalal Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama ASN, THL dan Umat Muslim di Auditorium Kantor Gubernur, Sabtu (15/06/2019) sore.

Gubernur Olly Dondokambey SE diapit Wagub Drs Steven OE Kandouw dan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang

Menurut Gubernur Olly, Silaturahmi seperti acara Halal Bihalal memiliki makna yang penting, dimana setiap orang diajarkan soal sisi kemanusiaan, Ukhuwah Insaniyah.

Selain itu, Silaturahmi menunjukkan suatu perbuatan umat beriman yang menyenangkan di mata Tuhan dan merupakan perbuatan yang menyenangkan dalam hubungan dengan sesama manusia.

“Jadi Halal Bihalal ini memperkuat  hubungan manusia dengan Tuhan dan hubungan sesama manusia, Hablum Minallah dan Hablum Minannas,” ucap Gubernur Olly.

Para undangan yang menghadiri acara Halal Bihalal yang digelar Pemprov Sulut

Para undangan yang menghadiri acara Halal Bihalal yang digelar Pemprov Sulut

Dan makna lain dari silaturahmi ini, tambah Gubernur Olly yakni semua yang hadir wajib untuk saling memaafkan satu dengan yang lain.

” Kita semua, tentunya memiliki kesalahan. Maka dari itu, pantaslah jika kita saling memaafkan. Sebelum matahari terbenam, kita sudah saling memaafkan satu sama lain,” ujar Orang Nomor Satu di Sulut ini.

Gubernur Olly pun menambahkan bahwa upaya menjaga hubungan baik dengan sesama manusia, dapat diwujudkan melalui sikap dan perilaku dengan menjaga suasana kehidupan masyarakat yang rukun, damai dan sejahtera.

” Ini semua bisa terjadi, karena torang samua ciptaan Tuhan,” kata Gubernur Olly.

Dua Komunitas berbeda menyatu dalam lantunan lagu'Alhamdullillah wa syukrulillah' di Halal Bihalal Pemprov Sulut, Sabtu (15/06/2019) sore

Dua Komunitas berbeda menyatu dalam lantunan lagu di Halal Bihalal Pemprov Sulut, Sabtu (15/06/2019) sore

Resize_2019-06-15_19-52-01-847

 

Dalam acara Halal Bihalal, ikut menarik perhatian dengan tampilnya dua komunitas yang berbeda yakni Suster-suster Dina Santo Yoseph (DSY) Lotta Pineleng dan Ibu-Ibu Majelis Ta’lim Masjid Imam Bonjol Lotta Pineleng.

Mereka menyatu di Auditorium Kantor Gubernur Sulut sambil melantunkan lagu-lagu rohani secara bersama-sama.

“Inilah pesan kepada masyarakat Indonesia bahwa kita semua di Sulut terus merawat kerukunan, toleransi, persaudaraan dan kedamaian,” tandas Gubernur Olly.

Gubernur Olly Dondokambey SE saat menyerahkan bantuan pada Umat Muslim di Halal Bihalal

Gubernur Olly Dondokambey SE saat menyerahkan bantuan pada Umat Muslim di Halal Bihalal

Acara Halal Bihalal diakhiri dengan bersalaman, dimana Gubernur Olly bersama Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS dan Sekdaprov Edwin Silangen SE MS dan Ketua DWP Sulut Dra Ivone Silangen – Lombok menyapa dan menyalami para ASN, THL dan umat Muslim yang mengikuti Halal Bihalal. (Advetorial)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*