http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Pelantikan JG-KWL Bergeser, Kuhu Kans Plh Bupati Minut

Ir. Jimmy Kuhu.

Ir. Jimmy Kuhu.

MINUT, Mediamanado- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara terpilih Pilkada 2020, bergeser dari waktu yang diprediksi.
Pasalnya, estafet kepemimpinan dari pasangan Vonnie Anneke Panambunan dan Joppi Lengkong (VAP-JO) kepada Joune Ganda dan Kevin William Lotulung (JG-KWL) akan ada jeda. Soalnya, masa berakhir jabatan pada tanggal 17 Februari 2021 VAP-JO belum langsung dilanjutkan oleh JG-KWL.

Keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Senin (15/02/21). Hal ini dikemukakan oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi Sulut Jemmy Kumendong.

Menurut Kumendong, masa berakhir jabatan pada tanggal 17 Februari 2021 ada 5 kepala daerah termasuk Bupati dan Wakil Bupati Minut. Sementara Kementerian Dalam Negeri menjadwalkan pelantikan Bupati/Wali Kota terpilih tanggal 26 Februari 2021. Sehingga, ada jeda waktu 9 hari.

“Sudah diputuskan kekosongan masa jabatan ini akan ditunjuk Pelaksana Harian (Plh) Bupati/Wali Kota,” kata dia.

Jemmy mengatakan, Sekretaris Daerah kabupaten /kota yang akan ditunjuk sebagai Plh Bupati/Wali Kota.
“Nanti akan disiapkan radiogramnya,” ujarnya.

Lanjut Jemmy, setelah rapat dengan Kemendagri diungkapkan opsi menunjuk penjabat Bupati/Wali Kota tidak efektif jika kekosongan jabatan hanya di bawah 1 bulan, maka diambil kebijakan menunjuk Plh.

Mekanisme yang sama diambil mana kala terjadi kekosongan, setelah masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, 12 Februari 2021. Maka ditunjuklah Sekprov Edwin Silangen menjabat Plh Gubernur selama 3 hari.

Jika kebijakan mengisi kekosongan jabatan kepala daerah akan diisi oleh Sekda sebelum dilantik Bupati dan Wabup terpilih, sebagaimana diketahui, Sekertaris Daerah Kabupaten Jimmy Kuhu dipastikan bakal menjadi Plh Bupati Minahasa Utara selama 9 hari. (**)

Editor: Sweidy Pongoh

About Sweidy Pongoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*