http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Pemerintah Pusat Dukung Penuh Pekan Kerukunan Internasional dan Kongres Nasional V FKUB di Sulut

EVANS STEVEN LIOW, Kaban Kesbangpol Daerah Provinsi Sulut saat membawakan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Pekan Kerukunan Internasional, Senin (02/03/2020)

EVANS STEVEN LIOW, Kaban Kesbangpol Daerah Provinsi Sulut saat membawakan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Pekan Kerukunan Internasional, Senin (02/03/2020)

 

MANADO, MediaManado.com – Pemerintah Pusat memberi dukungan penuh pada kegiatan ‘Pekan Kerukunan International 2020 dan Kongres Nasional VI FKUB seluruh Indonesia’.

Hal ini dapat dilihat atas kehadiran Kemenko PMK RI dan Kemenag RI melalui jajaran Pusat Kerukunan Umat Beragama pada Kegiatan Sosialisasi Pekan Kerukunan Internasional yang digelar di Ruang CJ Rantung Kantor Gubernur, Senin (02/03/2020) siang.

Dalam sambutan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Provinsi Sulut Evans Steven Liow SSos mewakili Ketua Umum Panitia Drs Steven OE Kandouw, Wakil Gubernur Sulut, menyampaikan kesiapan Sulawesi Utara untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

 

IKLAN BAWASLU

IKLAN BAWASLU

 

Menurut Liow, pemerintah dan masyarakat Sulut berbangga dan bersyukur atas kepercayaan Pemerintah Pusat dan Pelaku Kerukunan se-Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan ini di Bumi Nyiur Melambai Provinsi Sulawesi Utara.

“Bapak Gubernur Olly Dondokambey SE berbangga karena tanggal 10 Maret 2020 nanti, Wakil Presiden RI mengundang Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama Panitia dan Tokoh Agama untuk datang di Kantor Wapres RI membahas kesiapan dan agenda utama Pekan Kerukunan dan Konas FKUB 2020, yang direncanakan dibuka Wapres RI Prof KH Ma’ruf Amin dan ditutup oleh Presiden RI Joko Widodo,” terang Liow.

Kaban Kesbangpol Sulut ini menambahkan bahwa Kemenko PMK Deputi Keagamaan menyampaikan penghormatan dan bangga karena inisiasi Gubernur Olly dalam merawat kerukunan patut dicontoh oleh pemerintah daerah lain di Indonesia.

“Karena Sulut mampu menunjukan bahwa benarlah di sini, Laboratorium Kerukunan yang patut dicontoh, dimana banyak warga dan tokoh masyarakat, mahasiswa dan siswa pegiat Toleransi dan Kerukunan, bahkan local wisdom melalui BKSAUA, lahir di tengah masyarakat Sulawesi Utara. Ini luar biasa,” ungkap Liow.

20200302_230653_640x330

Kemeterian Agama RI juga menyatakan bahwa seluruh jajaran Kemenag baik di Pusat sampai di daerah, siap hadir dan berpartisipasi dalam Pekan Kerukunan dan Konas FKUB dengan jumlah delegasi sebanyak 2.500 peserta se-Indonesia.

“Bahkan Menteri Agama akan me-launching kegiatan ini secara resmi di Auditotorium Kemenag RI yang akan dihadiri oleh seluruh Kanwil Kemenag se- Indonesia dan 7 mitra Kementrian serta Kaban Kesbangpol seluruh Indonesia, bersama Ketua FKUB se Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly diminta memaparkan kegiatan dan seluruh persiapan kegiatan, bersama Panitia Pelaksana, khususnya 25 Negara yang akan hadir pada Pekan Kerukunan International.

Diperkirakan kegiatan yang berlangsung ini akan diikuti banyak delegasi bahkan delegasi terbanyak, sepanjang Kongres FKUB se- Indonesia berlangsung.

IMG-20200302-WA0133_640x359

Ketua FKUB Sulut Pdt Lucky Rumopa M.Th juga menyampaikan detail kegiatan, seperti Expo Kerukunan, Karnaval Kerukunan, Kongres FKUB, Gebyar Toleransi, Pekan Kreativitas Kerukunan dalam Gerakan Revolusi Mental, Sarasehan Nasional, Seminar Nasional dalam membangun Toleransi dan Kerukunan serta lomba Paduan Suara, Vocal Group, Video Pendek Kerukunan dan berbagai iven lainnya.

Dia mengajak semua pihak bersatu demi kesuksesan kegiatan ini, dengan semangat Kerja Bersama, Gotong Royong.

Dalam kegiatan Seminar akan tampil pembicara dari Dewan Gereja-Gereja se-Dunia (World Council of Churches/ WCC), Menko PMK, Menko Polhukam, Menko Maritim dan Investasi, Kementerian Agama, Kemetrian Dalam Negeri , Kemetrian Sosial, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak dan Kementerian Tenaga Kerja dan Kementrian Pertahanan RI serta NGO, Setara Institut, Ketua PGI, Ketua PBNU, Muhamadiyah, BIPP, Pimpinan 6 Agama dan para Tokoh Kerukunan Indonesia dan Tokoh Dunia.

“Mari kita berdoa untuk suksesnya kegiatan ini,” ajak Pdt Lucky Rumopa. (Ferry/*)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*