http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

Pemkab Minut Geser 4 Miliar Penanggulangan Corona, DPRD Setujui dengan Catatan!

Pimpinan DPRD Minut bersama Sekertaris Dewan dan staf saat rapat.

Pimpinan DPRD Minut bersama Sekertaris Dewan dan staf saat rapat di ruang Ketua Dewan.

MINUT, Mediamanado- Berdasarkan surat Bupati Minahasa Utara tanggal 24 Maret Nomor:49/ASS II/III/2020 yang ditandatangani oleh Asisten II, Allan Mingkid ditujukan kepada Pimpinan DPRD Minut prihal pergeseran anggaran proses penanggulangan virus Corona/Covid 19, mendapat dukungan penuh Ketua Denny Lolong dan Olivia Mantiri selaku pimpinan DPRD yang merespon surat Bupati Vonnie Panambunan.

Dimana, dalam isi surat tersebut disampaikan menyusul adanya surat edaran 192/SEKRE/III/2020 tanggal 16 Maret, tentang proses penanggulangan, maka beserta ini dengan hormat kami sampaikan terlebih dahulu rincian anggaran proses tentang penanggulangan pencegahan Virus Covid 19.
Berikut daftar SKPD dan jumlah anggaran:
Badan Kepegawaian serta Pendidikan dan Pelatihan: Rp. 450.000.000
Dinas Tenaga Kerja: Rp. 112.000.000
– Dinas Perhubungan: Rp. 28.000.000
Badan Keuangan: Rp. 1,221.580.000
Dinas Perindustrian: Rp. 32.000.000
Dinas Lingkungan Hidup: Rp. 70.000.000
Dinas Pangan: Rp. 1,177.000.500
Dinas Kesehatan: Rp. 308.920.000
Badan Perencanaan serta Penelitian dan Pengembangan: Rp. 600.000.000
TOTAL: Rp. 4,000.000.000 (Empat Miliar Rupiah)

Menurut Ketua DPRD Minut didamping Wakil ketua Olivia Mantiri bahwa, pihaknya menyetujui pergeseran anggaran yang dilakukan oleh Eksekutif. “Kami mendukung penuh langkah eksekutif melakukan pergeseran anggaran guna penanggulangan pencegahan Virus Corona/Covid 19 di kabupaten Minahasa Utara,” jelas keduanya usai menggelar rapat di ruang Ketua DPRD Kamis(26/3/20) sore.

DPRD Minut merujuk surat Bupati prihal pergeseran anggaran proses penanggulangan Virus Corona, selanjutnya dirapatkan oleh DPRD pada hari kamis 26 Maret. Dimana, telah menindaklanjuti dengan mengundang rapat kerja para perangkat daerah, diantaranya Kadis Kesehatan, Kepala BPBD, Dirut RSUD Walanda Maramis, dan Kaban Keuangan namun tidak dihadiri. Sehingga, dikatakan Olivia Mantiri pihaknya memberikan beberapa catatan.
Diantaranya:
1. Pimpinan DPRD sangat setuju adanya pergeseran anggaran dalam rangka upaya-upaya penanganan pencegahan virus corona/covid 19 di wilayah kabupaten minahasa utara.
2. Agar Pemkab segera sampaikan data yang terkait dengan penanganan pencegahan Virus Corona kepada DPRD berupa;
– Jumlah Anggaran yang akan dilakukan pergeseran
– Sumber dan anggaran berasal dari unit/perangkat daerah mana?
– Jumlah dana akan digeser ke perangkat daerah mana?
3. Pihak DPRD mengharapkan anggaran yang akan dilaksanakan pergeseran dapat ditata di perangkat daerah yang sangat bersentuhan langsung dengan penanganan pencegahan Virus Corona/Covid-19 seperti BPBD, Dinas Kesehatan dan RSUD Maria Walanda Maramis.

Ketua DPRD Minut Denny Lolong dan Wakil Ketua Oivia Mantiri

Ketua DPRD Minut Denny Lolong dan Wakil Ketua Oivia Mantiri.

Lebih lanjut ditambahkan Olivia Mantiri, bahwa sebagai wakil rakyat yang peduli dengan masalah Corona ini, dirinya bahkan mendukung jika penganggaran untuk penanganan pencegahan ditambah. “Kalau pandangan saya, tak mengapa jika anggaran pencegahan penanganan corona ini lebih. pun tidak masalah asalkan jelas rincian penggunaannya untuk pencegahan Covid-19. Kami berharap juga, supaya dapat melengkapi fasilitas Tenaga medis baik di RS dan puskesmas,” jelas Srikandi fraksi Partai Golkar.

Mengklarifikasi ketidakhadiran dari SKPD yang terundang oleh DPRD Minut untuk menggelar rapat kerja, menurut Sekertaris Dewan Jossi Kawengian, bahwa ada instruksi Bupati agar supaya tidak ada kegiatan berkerumun. mengingat ada himbauan pemerintah terkait Social Distancing sehingga ketidakhadiran SKPD bukan disengaja. “SKPD terkait bukan mengabaikan undangan rapat kerja Pimpinan DPRD, tapi ada baiknya tidak melakukan kegiatan berkumpul. namun juga tidak akan mengabaikan koordinasi dalam rangka menindaklanjuti penanganan virus corona. Antara Eksekutif dan Legislatif akan terus berkoordinasi melalui surat menyurat,” jelas Kawengian kepada mediamanado usai menerima surat Pimpinan Dewan Minut. (swp)

About Sweidy Pongoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*