http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Pemkot Bitung Cetak Hattrick Opini WTP ke-9 Kali Berturut-Turut dari BPK RI

Walikota Bitung Max Lomban saat mengangkat dokumen LHP BPK RI yang mendapat opini WTP utk LKPD Kota Bitung Tahun Anggaran 2019

Walikota Bitung Max Lomban saat mengangkat dokumen LHP BPK RI yang mendapat opini WTP utk LKPD Kota Bitung Tahun Anggaran 2019

 

BITUNG, MediaManado.com – Pemerintah Kota Bitung berhasil mencetak hattrick opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI terhadap LKPD Kota Bitung Tahun Anggaran 2019.

Untuk itu, Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban bersyukur dan mengapresiasi atas kinerja seluruh jajaran Pemerintah Kota Bitung atas pertanggung jawaban pengelolaan keuangan, dimana setiap persen yang dikeluarkan itu dipertanggungjawabkan dengan baik, sehingga Pemkot Bitung bisa meraih kembali opini WTP untuk yang ke-9 kalinya.

Walikota Lomban menambahkan, selaku Walikota dia berterimakasih, karena masih boleh dipercayakan oleh BPK Perwakilan Sulut mendapatkan opini WTP.

IMG-20200519-WA0085

“Saya berharap teman-teman terkait dalam rangka mempersiapkan ini semua, kita tetap semangat dan kita tetap tertib dalam pengelolaan keuangan supaya kualitas WTP kita semakin hari semakin meningkat,” ujarnya.

“Saya sekali lagi apresiasi bagi teman-teman yang terkait dengan pengelolaan pertanggung jawaban keuangan, kita dinilai baik dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian, artinya semua rupiah yang  diberikan untuk diolah, dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat dan dana tersebut kita gunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat,” tambah Lomban.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Sulut, Karyadi SE MM Ak CA CFrA CSFA mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan sesuai undang-undang.

IMG-20200519-WA0087

BPK melakukan pemeriksaan LKPD dan audited yang sudah diserahkan oleh kepala daerah maksimal dua bulan setelah diserahkan, tepat waktu dan ditambah pemeriksaan intern selama tiga puluh hari.

“Karena kita semua bersama-sama bersepakat saling mendukung dan saling berkoordiasi dan saling menunjukan keterbukaan sesama kita dan tetap komit menjalankan tugas negara ini, walaupun dalam masa musibah yang masih menderak kita semua. Ini buktinya BPK selalu berkomitmen bekerja tepat, cepat dan modern untuk kesejahteraan masyarakat, dengan memegang prinsip integritas, independen dan profesional,” ungkap Karyadi.

Dijelaskan, pada pemeriksaan LKPD Tahun 2019, BPK telah berhasil menyelamatkan keuangan pemerintah daerah sebesar Rp.39.422.242.228 dengan rincian telah disetor sebesar 2,5 M dilakukan sebelum pemeriksaan dan 36,8 M akan direkomendasikan oleh BPK kepada kepala daerah untuk dipertanggungjawabkan terhadap kelebihan pembayaran, maupun kekurangan setoran akan disetorkan ke kasda, juga berhasil selamatkan aset-aset yang hilang dan rusak.

IMG-20200519-WA0086

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh kepala daerah yang telah bekerja keras dan berkomitmen serius dalan mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah sehingga lebih baik dan akuntabel, serta semua pihak yang telah mendukung dan membantu jalannya pemeriksaan ini,” tuturnya.

Karyadi juga menambahkan, setelah pihaknya menyerahkan LHP BPK kepada ketua DPRD dan jajaran pimpinan, agar dapat ditindak lanjuti sebagai bahan evaluasi kepada pihak eksekutif, sebagaimana peran dan fungsi kontrol DPRD.

“LHP BPK merupakan perubahan publik, sehingga kami persilahkan dipergunakan dan diinformasikan ke publik sehingga perubahan ini bermanfaat kepada masyarakat,” ucap Karyadi. (Advetorial/hd)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*