http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

Penunjukan Pjs Bupati Minsel Tidak Langgar Aturan

20200313_001235_640x410

 

MANADO, MediaManado.com – Penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) oleh Pjs Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Mecky Onibala pada sejumlah Hukum Tua dan jabatan kosong di Dinas PUPR Kabupaten Minahasa Selatan serta jabatan di perusahaan milik daerah, dinyatakan tidak melanggar aturan. Setelah rapat yang dipimpin oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI yang diikuti Intansi Pusat terkait bersama jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pjs Bupati Minsel berlansung dengan baik melalui video conference (Vidcon), Kamis (15/10/2020).

Rapat ini diawali dengan pembahasan isu aktual seperti perkembangam Sukses Pemilukada se-Indonesia dan isu-isue di sekitar Pemilukada termasuk polemik Penunjukan Plt oleh Pjs Bupati Minahasa Selatan.

Pada kesempatan itu, Pjs Bupati Minsel Mecky Onibala mengklarifikasi dengan baik kepada Dirjen Otda dan klarifikasi tersebut, diterima oleh seluruh peserta rapat, dimana pada prinsipnya, tidak ada aturan yang dilanggar oleh Pjs Bupati Minsel dalam proses penunjukan Plt.

Hal itu disampaikan Kaban Kesbangpol Daerah Provinsi Sulut, Evans Steven Liow, Kamis (15/10/2020) malam.

“Untuk itu, kami meminta seluruh aparat pada jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, baik Pejabat Struktural sampai Pemerintah Desa dan Kelurahan agar patuh dan taat terhadap aturan, sesuai tupoksi serta menghormati tugas dan kewenangan Pjs Bupati selama menjalankan tugas-tugas Pemerintahan, Pembangunan dan tugas sosial kemasyarakatan,” tandas Liow.

Selain itu, hal yang paling penting yang harus dilakukan, kata Liow, yaitu sukses Pemilukada aman dari Covid-19, sesuai Protokol Kesehatan.

“Jangan ada aparat pemerintah melaksanakan tugas berpihak kepada salah-satu calon, seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Ada Pj Hukum Tua atau Camat tidak mendampingi Pjs Bupati, malahan menjemput salah satu Calon Bupati. Ini keliru, dan dengan sengaja melanggar aturan,” ujar Liow.

“Dimanapun Pjs Bupati berkunjung, wajib hukumnya, baik Hukum Tua maupun Camat untuk dapat mendampingi pada tugas-tugas di wilayahnya,” tambahnya.

Kaban Kesbangpol Sulut inipun berharap semua aparat pemerintah bersikap netral dan tidak memakai atribut masker ataupun kaos serta bentuk apapun yang merugikan salah satu calon.

“Saatnya kita netral dan bekerja sesuai aturan dan tunduk pada atasan. Ciptakan suasana kondusif, aman dan damai di Minsel. Mari kita jaga keamanan dan ketertiban,” tutup Liow. (Ferry)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*