http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Roy Kristian: Listrik Gratis Masih Berlaku Hingga Maret 2021

IMG_20210112_065747_640x409

 

MITRA, MediaManado.com – Pemerintah masih terus memberikan subsidi listrik gratis bagi pelanggan hingga bulan Maret 2021.

Program listrik gratis ini dilakukan pemerintah demi meringankan para pelanggan di tengah pandemi Covid-19.

Pimpinan PT PLN (Persero) Ratahan, Roy Kristian mengatakan program inipun menyentuh para pelanggan di wilayah kerjanya, dimana stimulus listrik gratis berlaku bagi pelanggan yang menggunakan daya listrik sebesar 450.

“Khusus pelanggan daya 450 full gratis dan diskon 50 % untuk daya 900 bagi masyarakat yang kurang mampu, itu di tanggung pemerintah sampai bulan Maret 2021. Namun belum tahu, apakah kedepan diperpanjang atau tidak,” kata Kristian, Senin (11/01/2021).

Ia menjelaskan, daya listrik 900 yang digunakan masyarakat kurang mampu, mendapat subsidi 50 %. Sedangkan kategori masyarakat mampu, tidak diberikan subsidi.

Saat ini, tambah Kristian, terjadi perubahan bagi pelanggan pengguna daya 450 dan daya 900.

“Sesuai dengan ketentuan, untuk daya 450 dan 900 dalam perhitungan KWH dalam satu bulan itu, hanya 720 jam nyala. Namun ada beberapa pelanggan yang lebih dari 720 jam nyala, maka kelebihan dari KWH tersebut akan di tanggung pelanggan,” ungkap Kristian.

Ia mengatakan, kelebihan tersebut dikarenakan biasanya ada beberapa pelanggaran yang merubah dengan pembesaran NCB, sehingga pemakaian keluar lebih besar dari batasan subsidi yang diberikan.

“Pemerintah hanya menanggung beban 720 jam. Jadi pelanggan yang pemakaian melebihi dari 720 jam akan keluar rekening untuk ditagihkan ke pelanggan. Kalau dulu, berapapun pemakaian ditanggung Pemerintah, tapi sekarang ada pembatasan,” terang Kristian.

 

Hal ini, akan disosialisasikan pihak PLN kepada para pelanggan, sehingga berjalan normal dan lancar.

Sedangkan untuk stimulus itu sendiri bisa diakses sendiri melalui aplikasi PLN Mobile dengan mengcek ID Pelanggan, maka akan keluar no token.

” Untuk melihat token gratis dari pemerintah bisa diakses sendiri melalui aplikasi PLN Mobile dengan cara cek ID atau bisa langsung menghubungi pihak PLN dan petugas di lapangan,” tutup Kristian.

(Alfian Soriton)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*