http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

Satu Kursi Demokrat Minut Terancam Dirotasi



MINUT, Mediamanado.com – Ada yang menarik dari pleno penetapan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minut Minggu (11/8) malam. Pasalnya, satu diantara calon yang ditetapkan yakni Stevanus Prasetyo mendapat protes dari Partai dimana ia naungi yakni Demokrat. Melalui Liaison officer (LO)IMG-20190814-WA0004 protes kepada lembaga penyelenggara tersebut, lantaran Caleg dapil 2 itu tidak memasukan LPPDK.
Ketua DPC Partai Demokrat Minahasa Utara, (Minut), Stendy Rondonuwu SE, saat dikonfirmasi terkait penolakan tersebut. Rondonuwu tak menampik terkait penolakan internal partai menyusul penetapan kadernya Stevanus Prasthio, sebagai Caleg terpilih DPRD, 2019-2024 oleh KPUD Minut.
“Surat keberatan kami dari partai Demokrat terhadap yang bersangkutan (Stevanus Prasethio,red) sudah dikirim ke Bawaslu, kita akan menunggu tindak-lanjutnya seperti apa sebelum proses pelantikan 9 september 2019 nanti,” ujar Rondonuwu.
Ia menyatakan, bahwa kader Partai Berlambang Bintang Mercy ini merupakan satu-satunya caleg dari 30 caleg terpilih yang ditetapkan KPUD Minut yang tidak taat terhadap tahapan Pileg.

IMG-20190814-WA0005
“Masa 29 orang caleg lainnya bisa taat terhadap tahapan, pemasukan LPPDKplus terverifikasi di Pileg sesuai jadwal seperti yang diamanatkan ketentun PKPU, kader kami yang satu jni justru tidak taat,” tukas Rondonuwu.
Ia menambahkan, pleno penetapan kurai Parpol dan caleg terpilih 2019-2024 yang digelar KPUD Minut, dari internal partai sengaja tak menandatangani berita acaranya. Karena di internal Partai Demokrat Stevanus Prasethio, tidak kooperatif termasuk dengan LO yang bertugas terkait pelaporan LPPDK caleg.
“Karena ada tahapan yang tak dipatuhi caleg, maka kami menganggap beliau tidak layak untuk ditetapkan sebagai caleg terpilih. Sampai saat ini Prasetio tidak pernah berkoorsinasi terkait dana kampanye LPPDK termasuk dengan LO, jika ada silahkan dibuktikan,” tandas Rondonuwu, seraya menambahkan masih ada ruang waktu sebelum pelantikan legislatif sesuai jadwal KPUD Minut yang laporanya sudah di Bawaslu.
Sebelumnya dalam pleno penetapan kursi Parpol dan caleg terpilih yang digelar di aula rapat paripurna DPRD Minut, Sekretaris DPC Partai Demokrat Reza M, mengemukakan hal yang sama. Bahkan, berita acara penetapan tak ditandatangani termasuk 4 orang saksi dari Demokrat.
“Keberatan terhadap penetapan yang bersangkutan sebagai caleg terpilih yang dilakukan internal Demokrat, sudah berdasar apalagi yang bersangkutan tak memasukan LPPDK sesuai jadwal yang ditetapkan lewat PKPU sesuai tahapan,” tukas Reza.
Terpisah, Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Hi, Darul Halim menuturkan, jika ada partai politik mengusulkan pergantian, pergantian untuk mengganti calon yang telah ditetapkan, aka mekanisme yang ditempuh sesuai dengan undang-undang Nomor 7 dan PKPU Nomor 5. Dia menjelaskan penggantian calon terpilih itu ada beberapa kriteria yaitu tidak memenuhi syarat, mengundurkan diri atau meninggal dunia. terkait tidak memenuhi syarat ini itupun ada mekanisme jadi tidak semudah itu untuk menggantikan.
“KPU tidak mau terseret dalam dinamika yang ada di dalam internal partai. Itu persoalan internal partai, kami tidak mau mencampuri. Yang jelas kami berjalan sesuai perintah undang-undang, terkecuali partai yang tak memasukan LPPDK itu baru kami tindak lanjuti,” jelasnya, sore kemarin.
Ditempat lain, Komisioner Bawaslu Minut Rocky Ambar membantah jika partai Demokrat telah menyurat ke Bawaslu terkait Caleg Demokrat yang tak memasukan LPPDK.
“Betul tadi, pak ketua dan Sekretaria Demokrat datang ke kantor (Bawaslu,red), namun hanya sebatas koordinasi dan melaporkan secara lisan.
Belum ada laporan secara resmi dan kami pun belum meregis sebagai laporan resmi, kalaupun ada tentu akan kita tindak lanjut apakah memenuhi syarat formil dan materil atau tidak? Karena kami harus mengkaji dulu, tapi yang jelas belum ada laporan resmi dari partai,” tutupnya.(swp)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*