http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Satu Orang Warga Talaud Resmi Berstatus PDP Covid-19

Bupati Elly Engelbert Lasut ME didampingi Anggota DPR RI Hillary Lasut dan Wakil Bupati Mochtar Parapaga serta Forkopimda Talaud saat memberikan keterangan kepada wartawan, Senin (23/03/2020)

Bupati Elly Engelbert Lasut ME didampingi Anggota DPR RI Hillary Lasut dan Wakil Bupati Mochtar Parapaga serta Forkopimda Talaud saat memberikan keterangan kepada wartawan, Senin (23/03/2020)

TALAUD, MediaManado.com – Satu orang warga kepulauan Talaud resmi ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) dan saat ini tengah menjalani masa isolasi di RSUD Kepulauan Talaud di Desa Mala, Kecamatan Melonguane.

Hal ini diungkap Bupati kepulauan Talaud, dr. Elly Engelbert Lasut (E2L) kepada wartawan saat melakukan konferensi pers di ruang sekretariat Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Talaud, kantor Dinkes, komplek perkantoran Pemda, Senin (23/3).

Kata Lasut, PDP pertama di Talaud itu diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta pada awal Maret dan pada beberapa hari yang lalu menunjukkan gejala sakit demam sehingga harus dilarikan ke RSUD Talaud di Mala.

“Untuk informasi Covid-19 di Talaud, saat ini ada 1 pasien dalam pengawasan dan saat ini sedang diisolasi di RSUD Mala, karena sebelumnya sempat menunjukkan gejala demam tinggi,” ungkap Lasut didampingi anggota Forkopimda.

Mengenai kepastian status apakah 1 orang PDP itu positif atau negatif Covid-19, E2L belum bisa memastikan, karena pengujian sampel yang di ambil dari pasien belum ada. Bahkan belum diambil karena petugas untuk tugas itu, masih mengikuti pelatihan.

“Alat VTM-nya sudah ada, kami dapat dari Dinkes Provinsi, hanya saja petugas yang khusus mengambil sampel, masih mengikuti pelatihan di Manado,” ujar Kepala Dinas Kesehatan, dr. Kerry Dolfie Monangin menambahkan keterangan.

Diketahui sebelumnya satgas Covid-19 Talaud menetapkan 1 orang warga Talaud yang punya riwayat perjalanan dari India sebagai orang dalam pantauan atau ODP, dan 1 orang transmisi atau tertular dari ODP yang merupakan orang tuanya.

Namun hingga Senin (23/3) sebagai hari ke-9 masa isolasi mandiri di rumah, 1 ODP dan 1 transmisi itu kondisinya kata Kadis Kesehatan, mulai membaik. (PSA)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*