http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Sejarah Baru Era New Normal, Gubernur Olly dan Wagub Kandouw Ikuti Upacara Virtual Dipimpin Presiden Joko Widodo

FB_IMG_1597650117996-768x560

 

MANADO, MediaManado.com – Pelaksanaan Hut ke 75 Kemerdekaan RI, tahun ini sangatlah berbeda dan tidak biasa. Kegiatannya dilaksanakan secara sederhana dan virtual dengan menggunakan protokol Covid-19 sehingga menjadi terbatas.

Akan tetapi bukan berarti spirit juang terbatasi karena Covid-19, melainkan semakin berkobar dalam berkarya , mengisi kisi-kisi pembangunan Bangsa Indonesia dan menjaga Bumi Nyiur Melambai agar tetap berkibar, menjadikan Sulut Hebat yang dimotori Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Drs Steven OE Kandouw.

Untuk itu, Panitia Perayaan HUT ke-75 RI yang dimotori Asisten III Setda Pemprov Sulut dan Asiano Gammy Kawatu SE MSi dan Karo Umum Setda Clay June Dondokambey SSTP MAP menyusun kegiatan upacara, baik di Halaman Kantor Gubernur maupun di Rudis Gubernuran Bumi Beringin secara Virtual Online bersama Presiden RI Joko Widodo.

Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur Olly Dondokambey SE mengenakan pakaian Adat Tradisional

Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur Olly Dondokambey SE mengenakan pakaian Adat Tradisional

Upacara baik saat pengibaran Bendera Merah Putih pagi hari maupun penurunan Bendera Merah Putih pada sore hari, Gubernur Olly Dondokambey SE bertindak sebagai Inspektur Upacara pada HUT ke-75 RI, Senin (17/08/2020).

Pada hari yang sama, Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw bersama unsur Forkopimda Sulut, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan Sekprov Edwin Silangen SE MS mengikuti secara Virtual Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75 bersama Presiden RI Joko Widodo, baik Upacara Detik-detik Proklamasi maupun Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada sore hari.

Pelaksanaan peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena negara sedang dilanda pandemi Covid-19.

Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw saat mengikuti Upacara Penurunan Bendera sore secara Virtual pada sore hari bersama Presiden RI Joko Widodo dan dari Rudis Gubernuran

Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw saat mengikuti Upacara Penurunan Bendera sore secara Virtual pada sore hari bersama Presiden RI Joko Widodo dan dari Rudis Gubernuran

Semua peserta upacara dibatasi termasuk pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka). Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI, Jokowi selaku Inspektur Upacara.

Semua peserta upacara tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, dan menghidari kerumunan massa untuk memutuskan mata rantai Covid-19.

Selama ini, peringatan upacara dilaksanakan serentak di setiap daerah. Tapi karena sedang dilanda Covid-19, setiap daerah hanya mengikuti upacara yang berlangsung di Istana Merdeka, secara virtual.

Suasana Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada sore hari bersama Presiden RI Joko Widodo

Suasana Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada sore hari bersama Presiden RI Joko Widodo

Menariknya, baik Presiden RI Joko Widodo maupun Gubernur Olly Dondokambey SE mengenakan pakaian Adat Tradisional.

Pada Upacara Penurunan Bendera sore hari, baik Presiden RI Joko Widodo maupun Gubernur Olly Dondokambey SE mengenakan pakaian resmi.

Upacara penurunan bendera yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo dan disaksikan seluruh masyarakat Indonesia, termasuk Sulawesi Utara, berjalan lancar. Tim Paskibraka terdiri dari tiga anggota pengibar bendera pusaka mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Pembawa Bendera Merah Putih di tim ini adalah Sylvia Kartika Putri siswi dari SMA Swasta Kartika 1-4 Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Perkenalan Uang Kertas Pecahan Rp75.000 tahun emisi khusus HUT Ke-75 RI

Perkenalan Uang Kertas Pecahan Rp75.000 tahun emisi khusus HUT Ke-75 RI

Anggota lainnya yang bertugas menurunkan Bendera Merah Putih yakni Sudrajat Prawijaya dari Bengkulu. Siswa SMAN 4 Renjang Lebon ini ditugaskan sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera.

Kemudian, ada Muhammad Asri Maulana dari Kalimantan Selatan. Siswa SMAN I Kandangan yang lahir Januari 2003 lalu ini bertugas sebagai pengerek bendera.

Sementara Komandan Upacara sore ini adalah Kombes Pol Christ Reinhard Pusung, S.I.K. Saat ini, dia menjabat sebagai Kasatgaswil Densus 88 AT Polri dan pernah menjabat Kapolres Minahasa.

Sama seperti tadi pagi, upacara penurunan bendera sore ini tetap digelar dengan peserta dan pejabat terbatas karena pandemi Covid-19.

Adapun sejumlah rangkaian kegiatan HUT ke-75 RI yang berjalan lancar diantaranya penyerahan Remisi Bagi 1.407 Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan se-Sulut oleh Kementerian Hukum dan HAM melalui Gubernur Sulut yang diwakili Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw di Rudis Gubernuran Bumi Beringin Manado.

Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw saat mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kairagi Manado, Minggu (16/08/2020)

Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw saat mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kairagi Manado, Minggu (16/08/2020)

Selain itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE menerima Uang Kertas Baru pecahan Rp75.000 edisi khusus HUT ke-75 Kemerdekaan RI dari Kepala BI perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat disaksikan Wagub Drs Steven OE Kandouw, Unsur Forkopimda Sulut, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan Sekprov Edwin Silangen SE MS.

Rangkaian kegiatan lain pada hari sebelumnya, yakni digelarnya pengukuhan anggota Paskibraka yang akan bertugas pada hari ‘H’ oleh Gubernur Olly Dondokambey SE, dan Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang diikuti Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw di TMP Kairagi Manado pada 16 Agustus 2020 pukul 00.00. Wita bersama unsur Forkopimda Sulut.

Sulut Hebat, Sulut Maju, Indonesia Jaya..Merdeka..Merdeka..Merdeka..!!!
(Advertorial)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*