http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

Sulut Bebas Virus Corona, Menkes : Percayalah, Aparat Kami Siaga Penuh

Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. (K) RI didampingi Wakil Walikota Manado Dominus Mor Bastiaan SE, Kadis Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dr Debie KR Kalalo MSc PH dan Kepala RSUP Prof Kandou Malalayang Manado Direktur Utama RSUP Prof Kandou Manado Dr.dr.Jimmy Panelewen, SpB-KBD saat memberikan keterangan kepada wartawan, Minggu (26/01/2020)

Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. (K) RI didampingi Wakil Walikota Manado Dominus Mor Bastiaan SE, Kadis Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dr Debie KR Kalalo MSc PH dan Kepala RSUP Prof Kandou Malalayang Manado Direktur Utama RSUP Prof Kandou Manado Dr.dr.Jimmy Panelewen, SpB-KBD saat memberikan keterangan kepada wartawan, Minggu (26/01/2020)

 

MANADO, MediaManado.com – Maraknya informasi terkait Virus Corona yang berasal dari Wuhan Tiongkok, membuat Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. (K) RI melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Indonesia seperti Bali, Makassar, termasuk Manado, Sulawesi Utara.

Kedatangan Menkes dr Terawan ke Manado, Minggu (26/01/2020) sore, untuk mengecek secara langsung informasi dan berita terkait dugaan salah satu pasien yang diisolasi akibat terjangkit Virus Corona, setelah yang bersangkutan melakukan perjalanan ke Tiongkok.

Tiba di RSUP Prof Kandou Malalayang Manado, dr Terawan langsung menuju ruang isolasi pasien yang diduga terkena Virus Corona.

Akan tetapi, menurut dr Terawan, pasien tersebut telah dilakukan pemeriksaan dan langkah medis sesuai prosedur oleh pihak RSUP Prof Kandou. Dan kondisi pasien sudah membaik, bukan disebabkan Virus Corona.

“Tadi saya menengok pasien diisolasi. Karena pasien merasa tidak nyaman habis dari perjalanan ke daerah Cina, kemudian karena merasa nggak nyaman, pasien masih muda dan dengan kesadaran sendiri menghubungi pihak rumah sakit, sehingga bisa dilakukan peninjauan, pengecekan, isolasi dan ternyata memang kemudian sekarang, si pasien sudah membaik. Tidak lagi demam, tidak lagi batuk, pileknya juga sudah sembuh. Tidak ada sesak nafas. Namun si pasien katakan dengan rela saya mau dicek terus,” kata dr Terawan kepada sejumlah wartawan di RSUP Prof Kandou Malalayang Manado.

Sekalipun kondisi si pasien sudah membaik, akan tetapi sampel berupa dahak dan sebagainya, telah dikirim di Laboratorium Balitbangkes Kemenkes RI di Jakarta.

“Ini kita lakukan agar puas. Apalagi kita mengirimkan sampel ke Balitbangkes, yang kita anggap paling akuratlah. Kita jangan sampai sembarangan gunakan laboratorium, nanti hasilnya acak dan amburadul, ya repot nanti. Jadi harus Laboratorium itu yang betul – betul fix, sehingga kita bisa memperoleh informasi yang benar, tidak boleh informasi itu salah, ya,” ujar Menkes dr Terawan.

Sehingga, kata Menkes sampai saat ini, belum ada korban yang terjangkit oleh Virus Corona di Indonesia, termasuk di Sulut.

“Sampai sekarang ini, detik ini, belum ada,” tandas dr Terawan.

Menkes menegaskan bahwa seluruh aparat Kementerian Kesehatan saat ini siaga penuh baik di pintu masuk seperti bandara maupun kesiagaan di Rumah Sakit – Rumah Sakit yang ditunjuk Kemenkes.

“Dari Makassar, kemudian saya lanjut ke Manado untuk juga ingin mengkonfirmasi apa yang terjadi. Saya juga mau melihat kesiapan aparat – aparat saya, yang saya sudah perintahkan untuk bekerja satu kali dua puluh empat jam, menjaga pintu masuk,” tutur Menkes dr Terawan.

Kesiapsiagaan itu dilakukan dengan melaksanakan pengecekan terhadap semua turis Tiongkok yang tiba baik itu dengan menggunakan thermal scanning maupun juga dengan thermal scanning manual (menggunakan kamera dan infrared)

“Dan itu kita lakukan secara terpadu dan terus menerus bekerja antara KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) saya di bandara dan saya melihat kesigapan mereka dalam penanganan maupun Rumah Sakit, bagaimana mereka menindaklanjuti arahan – arahan saya di dalam keadaan siaga penuh. Jadi percayalah, aparat kami siaga penuh,” tandas dr Terawan.

Dia menambahkan, Kemenkes juga telah berkolaborasi dengan Kementerian lain seperti Imigrasi, Polri dan TNI, yang secara bahu membahumewaspadai dan mengantisipasi masuknya Virus Corona di Indonesia.

“Sungguh ini sebuah keindahan, kolaborasi yang luar biasa dengan aparat Polri maupun dengan TNI. Jadi ini adalah kolaborasi yang harus kita bangun.¬† Dan percayalah, aparat terutama dari Kementerian Kesehatan bahu membahu dan bekerjasama dengan Kementerian Lembaga lain, senantiasa siap untuk menjaga dan melindungi masyarakat Indonesia,” imbuh dr Terawan.

Ikut mendampingi Menteri Kesehatan RI, Wakil Walikota Manado Dominus Mor Bastiaan SE, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dr Debie KR Kalalo MSc PH, dan Direktur Utama RSUP Prof Kandou Manado Dr dr Jimmy Panelewen, SpB-KBD. (Ferry)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*