http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Telly Tjanggulung Berpulang; Kantor Pemerintahan di Mitra Kibarkan Bendera Setengah Tiang

FB_IMG_1609812379320

 

MITRA, MediaManado.com – Kantor Pemerintahan di seluruh Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang guna menghormati berpulangnya Ibu Telly Tjanggulung, Bupati Pertama pilihan rakyat Mitra periode 2008 – 2013.

Pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang akan dilakukan pada Rabu (06/01/2021).

Hal itu dituangkan dalam Surat Sekretariat Daerah Kabupaten Mitra Nomor 001.02/02/Setda tanggal 5 Januari 2020, yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Mitra, David Lalandos, AP. MM. Surat inipun ditujukan kepada seluruh Kepala SKPD, Camat dan Lurah serta Hukum Tua se-Kabupaten Mitra.

Instruksi Sekretariat Daerah Kabupaten Mitra itu dibuat dengan memperhatikan UU Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 pasal 12 ayat 4, ayat 5, ayat 8 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Diketahui, Almarhumah Telly Tjanggulung yang akrab dipanggil T2 merupakan Bupati Pertama hasil pemilihan demokrasi rakyat Mitra, yang saat itu berpasangan dengan Wakil Bupati Jeremia Damongilala (JaDi) pada 2008.

Bupati Telly Tjanggulung dinilai sukses meletakkan dasar-dasar pembangunan baik pembangunan infrastruktur maupun mental kerohanian di wilayah Kabupaten Mitra, daerah otonom yang lahir dari ‘kandungan’ Kabupaten Minahasa Selatan.

Polarisasi roda pemerintahan dan organisasi, Kabupaten Mitra sebagai daerah otonom, pada awalnya memiliki 6 kecamatan, yaitu: Kecamatan Belang, Pusomaen, Ratahan, Ratatotok, Tombatu dan Kecamatan Touluaan.

IMG-20210105-WA0134

Maka di bawah kepemimpinan Bupati Telly Tjanggulung saat itu, pada 28 April 2010, lahirlah 6 kecamatan lagi yakni; Kecamatan Tombatu Utara, Tombatu Timur, Touluaan Selatan, Silian Raya, Ratahan Timur dan Kecamatan Pasan.

Infrastruktur perkantoran SKPD Mitra yang unik dengan kubanya, menunjukkan arah pemulihan dan perkembangan serta kemajuan roda pemerintahan kedepan. Itulah sepenggal catatan dari sekian catatan dan goresan karya dari almarhumah sebagai peletak dasar pembangunan daerah otonom baru, Kabupaten Minahasa Tenggara.

Dari informasi yang diperoleh, Almarhumah Telly Tjanggulung menghembuskan nafas terakhir di RS Siloam Kebun Jeruk, Jakarta pada Selasa (5/1/2021), sekitar pukul 04.00 WIB.

Bupati Mitra James Sumendap, SH mengungkapkan bahwa pihaknya siap memfasilitasi untuk memberikan penghormatan terakhir di Kantor Bupati Mitra bagi almarhumah, dan tinggal menunggu persetujuan pihak keluarga.

Almarhumah saat ini disemayamkan di rumah Keluarga Lasut-Tjanggulung, Jl WS Yohanes No 24 Bumi Nyiur Wanea Pakowa, Manado setelah diterbangkan dari Jakarta.

Bagi pelayat yang datang ke rumah duka diharapkan dapat mengikuti protokol Covid 19 dengan menjaga jarak dan memakai masker.

(Alfian Soriton)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*