http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

Terkait Masuknya 30 Tenaga Kerja Asal China, Imigrasi, Disnaker dan Dinkes Sambangi PT CONCH

 Petugas Kantor Imigrasi Kelas II Kotamobagu, Dinas Kesehatan Bolmong, Disnaker, saat sambagi PT CONHS

Petugas Kantor Imigrasi Kelas II Kotamobagu, Dinas Kesehatan Bolmong, Disnaker, saat sambagi PT CONCH

 

BOLAANG MONGONDOW, MediaManado.com – Kedatangan Tenaga Kerja Warga Negara Asing (WNA) asal Negeri Tirai Bambu (China) ke Perusahaan Raksasa PT CONCH di daerah Bolaang Mongondow lansung menjadi buah bibir warga Totabuan Raya, terutama warga sekitar perusahaan Consh beroperasi, dimana berdasarkan informasi yang berhasil diperoleh media ini, sekitar 30 tenaga kerja China tiba di Bolmong masuk melalui dua bandara Internasional yakni Sukarno-Hatta Jakarta dan I Gusti Ngurah Rai Provinsi Bali.

Guna mengantisipasi merebaknya isu  dunia terkait penyakit mematikan Virus Corona itu, pihak pemerintah di Bolaang Mongondow dalam hal ini, Petugas Kantor Imigrasi Kelas II Kotamobagu, Dinas Kesehatan Bolmong, Disnaker, serta mewakili pejabat tinggi daerah Asisten II, lansung melakukan sidak di PT CONCH, yang terletak di Desa Solok Kecamatan Bolaang Kabupaten Bolaang Mongondow, Kamis (06/02/2020).

Dalam kesempatan itu, pihak PT CONCH terkait 30 Tenaga Kerja yang baru tiba, dalam keterangan persnya menjelaskan “Setibanya di Bandara, mereka (WNA China) langsung ditangani oleh pemerintah untuk melakukan tes kesehatan di bandara. Kami menjalankan prosedur sesuai dengan ketentuan perusahaan.

Dari bandara, tidak tarnsit, langsung menuju PT. CONCH. Setiba di perusahaan, standar kesehatan kami terapkan, dengan menyemprotkan alkohol dan pengobatan lainnya. Selanjutnya diisolasi di kamar khusus selama empat belas hari, artinya mulai terhitung tanggal 03 Februari 2020 hingga saat ini,” kata Humas  PT CONCH Fahwanto Wahyu.

Ke-30 WNA China tersebut, langsung diidentifikasi oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, dalam hal ini Dinas Kesehatan setempat.

Ditempat yang sama, para awak media menkofirmasi kepada Plt Kadis Kesehatan dr. Erman Paputungan. Dia menjelaskan bahwa hasil pemeriksaan atas 30 orang yang baru tiba di Bolmong tersebut, masih dalam kategori aman dari Virus Corona.

“Kami sudah melakukan pemeriksaan kepada WNA China tersebut. Dari hasil kunjungan kita hari ini, 30 orang tersebut masih aman dari Virus Corona. Kita percaya bahwa penerapan SOP kesehatan dari pihak perusahaan PT CONCH sangat baik. Bahkan saat ini, selama 14 hari WNA yang baru tiba masih di isolasi. Pembuktiannya, kita melihat secara langsung, bahkan bukan hanya mereka saja yang dapat penanganan tapi tenaga kerja di dalamnya juga setiap hari dipantau kesehatannya,” terang dr. Erman.

Selanjutnya, Asisten II Setda Bolmong Zainudin Paputungan juga menyampaikan warga masyarakat sekitar PT CONCH tak perlu khawatir dengan kedatangan WNA China yang baru tiba saat ini.

Dia beralasan, fungsi pengawasan dari pihak pemerintah akan selalu dilakukan setiap hari selama 14 hari melakukan karantina bagi WNA tersebut.

“Pihak PT CONCH sudah membuka diri kepada Pemerintah Kabupaten untuk pengawasan tenaga kerja asing yang baru tiba ini. Kita juga dari pemerintah ini tentunya khawatir, namun alhamdulillah belum didapati ada virus corona. Pengawasan akan kita tetap jalankan sesuai dengan ketentuan yang ada. Selama empat belas hari ini, tim kesehatan dari daerah akan memantau terus PT CONCH,” ujar Asisten II (Ewin)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*