http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

Ternyata PDI-P ‘Belum Pasti’ Usung JG di Pilkada Minut

Joune Ganda SE

Joune Ganda SE

MINUT, Mediamanado.com – Sepertinya ada yang menarik dengan partai berlambang moncong putih ini. Soalnya, sosok Joune Ganda calon yang selama ini digembar-gemborkan oleh PDI-P, ternyata belum tentu akan diusung pada pilkada Minut nanti.

Hal ini sebagaimana diutarakan oleh Akdemisi yang juga pemerhati politik dan pemerintahan di Kabupaten Minahasa Utara, Julius Randang. “Jika selama ini diberitakan kalau Joune Ganda sudah mendapat restu dari Ketua DPC bahkan Ketua DPD PDI-P Sulut, bahwa itu masih sebatas dukungan moral. Dan pernyataan dukungan tersebut sah-sah saja karena baik Olly maupun Delon menyatakan karena sebagai kader maupun pengurus. Namun yang lebih jelas jika sudah ada SK dari DPP,” ucap Dosen Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat.

Lebih lanjut disampaikan mantan komisioner KPU Minut ini, bahwa PDI-P hingga kini belum secara sah memberikan tiket berupa surat keputusan kepada Joune Ganda dan pasangannya untuk dicalonkan sebagai Bupati atau calon Wakil Bupati Minut periode 2021-2026.
“Publik pun harus tahu, bahwa secara Yuridis formal dalam bentuk surat keputusan, PDI Perjuangan belum memberikan tiket kepada Joune Ganda untuk diusung atau ditetapkan sebagai Calon dari PDI-P,” tukas Randang seraya menambahkan kalau masih banyak figur kader partai yang berpeluang dipasangkan pada Pilkada nanti seperti Sompie Singal, Joppy Lengkong, bahkan Politisi PDI-P yang sudah tiga kali memenangkan kursi DPR-RI Vanda Sarundajang belakangan namanya ikut mencuat,  maupun yang bukan kader namun memiliki hubungan emosional yang baik dengan Ketua DPD Olly Dondokambey, diantaranya adalah Paul Nelwan, Sammy Dondokambey, Erol Dungus bahkan Kevin Lotulong yang dapat berpeluang mendapatkan tiket untuk diusung PDI-P

Selaras dengan pernyataan ketua dewan pimpinan cabang(DPC) PDI-P Minut Denny Lolong. Kepada awak media di salah satu hotel di Bali, usai acara kongres PDI-P ke V, Delon sapaan akrabnya, tidak memberikan pernyataan secara pasti bahwa PDI-P akan mengusung Joune di Pilbup Minut.

“Joune Ganda hampir pasti,” kata Delon Sapaan akrabnya.
Sebab, ditambahkan Delon, pihaknya menginginkan kemenangan untuk PDI-P pada Pilkada Minut. Karena selama 3 periode meski PDI-P menguasai Legislatif dengan jumlah kursi terbanyak, belum pernah memenangkan Pilkada Minut.

Pun dengan ketua DPD Olly Dondokambey. Kepada wartawan di hadapan Joune Ganda saat berada di Raewaya Villa,Tabanan-Bali, pada Minggu (11/8/2019) mengaku bahwa ada syarat formil yang harus dipenuhi.

“Ada mekanisme partai yang harus dilewati. Tetapi saya akan perjuangkan Joune Ganda agar menjadi calon yang akan diusung PDI Perjuangan di Pilkada Minut 2020 nanti,” tegas OD sebutan Ketua DPD yang juga Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan.

Menurut Olly pada tahapan pencalonan kepala daerah, hal yang paling krusial adalah persoalan rekomendasi. Itu menjadi satu syarat administrasi yang paling prinsip untuk dipenuhi. “Rekomendasi untuk Joune Ganda saya pastikan tidak ada masalah, baik dari tingkat DPC hingga DPP, ” kata Olly seraya mengaku dalam hal pencalonan kepala daerah, persoalan rekomendasi menjadi satu syarat administrasi yang paling prinsip untuk dipenuhi.(swp/*)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*