http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

Wakili Bupati Minahasa, Tanor Serahkan Hewan Qurban di Masjid Nurul Taqwa Sea

IMG-20190811-WA0056

 

MINAHASA, MediaManado.com – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Dr Vicky Tanor menyerahkan Hewan Qurban berupa Sapi di Masjid Nurul Taqwa Desa Sea Kecamatan Pineleng, Minggu (11/08/2019).

Tanor saat menyerahkan Hewan Qurban ikut  didampingi Camat Pineleng, Hukumtua dan Imam Masjid setempat.

Dalam sambutan Bupati ROR yang disampaikan Tanor, mengajak Umat Muslim untuk tetap bersyukur atas perayaan Idul Adha tahun ini.

“Syukur kepada Maha Suci Allah Yang Tak Pernah Henti mengalirkan Nikmat dan Karunianya kepada kita sekalian, sehingga di pagi yang penuh rahmat ini, kita dipertemukan dalam rangka menta’zhimkan syi’ar Islam. Bertakbir mengagungkan asmanya, Ruku’ Sujud dan bertaqarrub serta bersyukur atas segala karunia-Nya,” ungkap Tanor mengutip sambutan Bupati ROR.

“Dilanjutkan dengan menyembelih Hewan Qurban, sebagai wujud ketaatan pada perintah-Nya, meneladani rasul-Nya serta memperingati peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail ’alaihimassalam. Sehinggah dengan penuh sukacita dan wajah yang berseri- seri kita berkumpul untuk melaksanakan Sholat Idul Adha 1440 Hijriyah,” tambah Bupati.

Untuk itu, pada kesempatan yang penuh syukur ini, atas nama Pemerintah dan segenap lapisan masyarakat Minahasa, serta atas nama pribadi dan keluarga, Bupati menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M kepada segenap Umat Muslim di daerah Minahasa tercinta ini.

Bupati ROR juga mengatakan bahwa di Hari Idul Adha, seluruh kaum Muslimin dari segala penjuru dunia terhampar di Padang Arafah, menunaikan Ibadah Haji, Rukun Islam yang kelima.

Inilah Hari Besar Kemanusiaan dan Keimanan, yang ditandai dengan Syi’ar Penyembelihan Hewan Qurban, untuk mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam setelah beliau menerima Wahyu Illahi melalui mimpi, yang memerintahkan beliau menyembelih puteranya, Ismail.

Sungguh menjadi sebuah ujian keimanan yang amat sukar dan berat dilaksanakan, bahkan tidak terbayangkan dari segi Kemanusiaan.

Karena itu, kata Bupati ROR, peristiwa Qurban yang setiap tahun dirayakan Umat Muslim di seluruh penjuru dunia, seharusnya tak lagi dimaknai sebatas proses ritual, tetapi juga diletakkan dalam konteks peneguhan nilai-nilai kemanusiaan dan spirit keadilan.

“Idul Adha bermakna keteladanan Ibrahim yang mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan. Peristiwa yang harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang menunjukkan ketakwaan, keikhlasan, dan kepasrahan seorang Ibrahim pada titah Sang Pencipta,” tandasnya.

Atas dasar spirit itu, tambah Bupati ROR, peringatan Idul Adha dan Ibadah Qurban memiliki dua makna penting sekaligus.

Pertama, Makna Ketakwaan Manusia Atas Perintah Sang Khalik.

Kedua, Makna Sosial, di Mana Rasulullah melarang kaum Mukmin mendekati orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki, akan tetapi tidak menunaikan Perintah Kurban.

Dalam konteks itu, Nabi bermaksud mendidik Umatnya agar memiliki kepekaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama. Kurban adalah media ritual, selain Zakat, Infak, dan Sedekah.

“Akan lebih indah pula bila nilai yang terkandung dalam peristiwa Qurban itu, kita lestarikan dan kita terapkan pada diri kita, keluarga kita dan dalam membangun masyarakat dan Kabupaten Minahasa tercinta ini,” ungkapnya.

Setidaknya, segenap pelaku pembangunan di Kabupaten Minahasa ini masih dituntut untuk mengorbankan egoisme dan ego-centrisme pribadi, maupun kelompok dengan hidup patuh yang salah satunya tercermin dalam kepatuhan kepada : norma –norma, hukum dan peraturan – perundangan yang berlaku.

Sebagai warga Minahasa yang terus berupaya membangun guna mencapai kemajuan daerah dan meningkatkan derajat kehidupan yang lebih baik bagi masyarakatnya, tentu kita dituntut berbagai pengorbanan demi kepentingan masyarakat banyak atau kepentingan yang lebih besar dan lebih luas.

“Kita dituntut tenaga dan pemikiran untuk mencapai pembangunan yang lebih berhasil mewujudkan Minahasa yang Maju dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera, bahkan bukan tidak mungkin kita dituntut pengorbanan materi untuk memenuhi kebutuhan pembangunan yang menyentuh Mmsyarakat banyak. Semoga kita semua diberi kekuatan dan kemudahan untuk hidup patuh dan taat menurut ajaran Allah sebagaimana dicontohkan para Nabi dan Rasul,” tutup Bupati ROR seperti dikutip Kadispora. (Terry Lumentut)

 

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*