Warga Pengungsi Gunung Ruang di Kota Bitung Bakal Hilang Hak Pilih? Ini Penjelasan KPU RI

oleh

Loading

BITUNG, Mediamanado.com -Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Betty Epsilon Idroos kunjungi warga pengungsi Gunung Ruang Kecamatan Tagulandang, Kabupaten  Sitaro, di Rumah Susun (Rusun) Kelurahan Sagerat, Kecamatan Matuari, Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (2/7/2024).

Untuk diketahui, ada sekitar 92 kk dari dua desa yakni desa Pumpente dan Langpatehi Kabupaten Sitaro, yang menempati Rusun tersebut.

Pantauan Mediamanado.com, Kepala Kesbangpol Sulut Ferry Sangian, Perwakilan Kodam XIII Merdeka dan Polda Sulut, Serta Anggota Bawaslu Sulut Sulkifly Densi, hadir sebagai narasumber kepada warga pengungsi.

Dalam kunjungannya, Betty Idroos didampingi Komisioner KPU Sulut Lanny Ointu dan jajaran, Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh serta Koordinator Divisi Penanganan, Pelanggaran Data Informasi Bawaslu Sulut Zulkifli Densi.

“Pilkada 27 November 2024, sebagai warga Negara Indonesia bapak dan ibu tetap akan kami daftarkan sebagai pemilih,” Ujar Betty dihadapan ratusan warga pengungsi akibat dampak erupsi Gunung Ruang.

Betty menjelaskan, setiap warga Pulau Ruang yang memiliki hak pilih, akan tetap bisa menggunakan hak pilihnya di Pilkada Serentak pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Saat ini KPU se-Indonesia sedang masa tahapan pelaksanaan Coklit, dimana petugas Pantarlih (Panitia Pemutakhiran Data Pemilih) melakukan verifikasi dan validasi data pemilih yang berlangsung sejak 24 Juni hingga 24 Juli 2024 nanti.

“Setahu saya bapak ibu akan dipindahkan ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Yang belum di-Coklit akan tetap di-Coklit walaupun dalam pengungsian. Bapak ibu sementara akan didata sebagai warga Kabupaten Kepulauan Sitaro, namun jika pada satu masa sudah memiliki e-KTP Bolsel sebelum penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap) 23 September 2024, bapak ibu nantinya selain bisa memilih gubernur dan wakil gubernur, juga akan berhak mengikuti pemilihan bupati dan wakil bupati Bolsel,” Kata Betty yang juga selaku Ketua Divisi Data dan Informasi KPU RI.

Dia melanjutkan, jika setelah lewat 23 September baru memiliki e-KTP Bolsel, warga pengungsi Pulau Ruang tetap bisa menggunakan hak pilih untuk memilih gubernur dan wakil gubernur di lokasi pengungsian atau di TPS lokasi khusus. Hal ini juga berlaku untuk warga Pulau Ruang yang mengungsi secara mandiri yang tersebar diluar lokasi pengungsian yang ditetapkan pemerintah.

Dalam kunjungan ini, Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos juga memberikan bantuan berupa sembako kepada warga masyarakat Sitaro yang terdampak korban erupsi gunung ruang Kabupaten Sitaro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *