Bawaslu Minut Gelar Kegiatan Fasilitasi Penyelesaian Sengketa Pemilu Serentak 2024

oleh

Loading

MINUT, Mediamanado – Tanggung jawab dan peran didalam melaksanakan tugas pengawasan yang tujuannya adalah kepastian hukum.

Hal tersebut disampaikan Robby Manopo, mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara saat menjadi narasumber pada kegiatan fasilitasi penyelesaian sengketa, untuk pemilihan umum serentak tahun 2024 di Kabupaten Minahasa Utara.

Bertempat di Sutan Raja Hotel Maumbi, Rabu (05/07/23) siang tadi, kegiatan yang berlangsung dua sesi ini, diikuti ketua dan anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam).

Dikatakan Robby Manopo, bahwa sengketa pemilu ada 2. Yaitu, sengketa proses dan perselisihan hasil pemilu. Dimana, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Panwascam yang memiliki peran strategis karena berhadapan langsung dengan masyarakat, agar memahami regulasi terkait dengan pengawasan pemilu.

“Memahami regulasi menjadi kunci panitia pengawas pemilu, sehingga memudahkan untuk melakukan fungsi pengawasan dan mengawasi jalannya proses pemilihan. Sebab, dalam sengketa pada pemilu, adalah bagaimana memberikan kepastian hukum,” katanya.

Sementara itu, Akademisi Efendi Sondak yang memberikan materi secara daring, menjelaskan mekanisme dan tata cara jika ada pengaduan perselisihan hasil pemilu.
Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy didampingi komisioner Rocky Ambar.

Adapun, selain anggota Panwascam, sejumlah wartawan liputan Kabupaten Minahasa Utara pun turut menjadi peserta dalam kegiatan tersebut. (**)

Penulis: Sweidy Pongoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *