Bendungan Kuwil Kawangkoan Diresmikan Presiden Jokowi, JAK Apresiasi Kepemimpinan OD-SK

oleh -47 Dilihat

MANADO, Mediamanado.com – Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal datang ke Provinsi Sulawesi Utara dalam waktu dekat ini.

Rencananya Presiden Jokowi akan meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara Kamis (19/01/2023)

Wakil Ketua DPRD Sulut James Arthur Kojongian mengatakan bukan rahasia lagi, Sulawesi Utara jadi anak emas di masa Pemerintahan Presiden Jokowi.

“Bentuk kehebatan pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw berbuat banyak bagi daerah,” lugas Koordinator Komisi III ini.

Bagi Kojongian tipe pemerintahan OD-SK selama ini ‘Talkless more action’

“Ini tipe yang lebih fokus pada kerja bukan pada pencitraan,” ungkap Kojongian, Senin (16/01/2023).

Seperti diketahui, bendungan Kuwil Kawangkoan memiliki kapasitas tampung 23,4 juta m3 dan luas genangan 139 hektare. Bendungan ini dibangun sejak 2016 dengan total biaya konstruksi Rp 1,9 triliun, yang terbagi menjadi tiga paket pekerjaan konstruksi.

Untuk paket pertama, pembangunannya dikerjakan oleh PT Wijaya Karya – DMT (KSO), paket dua dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero) Tbk, dan paket ketiga dikerjakan oleh PT Wijaya Karya – PT. Nindya Karya (KSO).

Bendungan ini berada diatas Kota Manado sehingga sangat efektif untuk pengendalian banjir. Jadi dalam satu Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano ada dua tampungan air, pertama adalah tampungan air alami Danau Tondano dan kedua, Bendungan Kuwil Kawangkoan.

(*/DM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.