Bupati Joune Ganda Instruksikan Dinas PUPR terkait Jalan Kampung Budidaya Perikanan di Warukapas, Kadis Noldy Gercep Tinjau Lokasi

oleh

Loading

MINUT, Mediamanado – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Bupati Joune Ganda sigap menyikapi informasi terkait infrastruktur jalan di kampung budidaya perikanan Desa Warukapas, Kecamatan Dimembe.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, berdasarkan instruksi Bupati Joune Ganda pihaknya, Jumat (16/06/23) pagi tadi langsung melakukan peninjauan lokasi jalan yang ada di Desa Warukapas, tepatnya jalan di kampung budidaya perikanan.

Kadis Noldy Kilapong didampingi Kumtua Warukapas meninjau jalan yang nantinya akan dibangun pada perubahan APBD tahun anggaran 2023 nanti.

 

Didampingi Camat Dimembe Alfons Jorry Tintingon, Kadis PUPR Noldy Kilapong meninjau akses masuk menuju kampung Budidaya perikanan di Desa Warukapas.

Dijelaskan Kadis Noldy, hasil survei yang dilakukan pihaknya bersama tim Dinas PUPR didampingi Camat Dimembe Alfons Jorry Tintingon dan Hukum Tua Warukapas, bahwa terdapat jalan eksisting sepanjang 1400 Meter dan lebar 3,5 Meter. Dimana, pada jalan tersebut telah dibangun jalan paving block sepanjang 380 Meter bersumber dari APBD Minut Dan untuk pengerasan sudah ada sepanjang 1080.

Meninjau lokasi pembudidayaan ikan air tawar di Desa Warukapas.

“Berdasarkan peninjauan kami di lapangan, lokasi jalan tersebut sangat menunjang konektivitas dan aksesibilitas ke jalan Provinsi, Sukur – Wasian untuk mendukung mobilitas pengangkutan hasil perikanan terutama ikan nila (mujair). Untuk itu, kelanjutan pekerjaan dari jalan tersebut sudah masuk dalam perencanaan dan menjadi prioritas pada APBD perubahan tahun anggaran 2023 ini,” ujar Kadis Noldy.

Dikatakan Kadis Noldy, sehubungan dengan pembangunan jalan di kawasan tersebut karena merupakan kampung budidaya perikanan yang telah dicanangkan, bahwa berdasarkan penelusurannya, pada tahun 21 sudah pernah diusulkan untuk dibangun. Namun akibat masih Pandemi Covid 19, perencanaan pembangunan jalan tersebut sempat terhenti Akhirnya di tahun 2022 kembali diusulkan dan direalisasikan di awal tahun 2023.

“Meski sudah dikerjakan di awal tahun ini dan masih belum keseluruhan, kami Dinas PUPR Minut juga telah merencanakan pekerjaan lanjutan jalan kampung budidaya di desa Warukapas Dan mengusulkan anggaran perubahan APBD untuk dilanjutkan,” kata Kadis Noldy Kilapong.¬†(**)

Penulis: Sweidy Pongoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *