http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

Dinas Pendidikan Minut Siap Sukseskan Pelaksanaan Festival Kolintang 2021

Kepala Dinas Pendidikan Minut Olfy Kelngkongan M.M.Pd didampingi Sekertaris Dra. Pettra Enoch M.Pd saat menerima kunjungan panitia dan akademisi UNIMA di ruang kerjanya kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan Minut Olfy Kelngkongan M.M.Pd didampingi Sekertaris Dra. Pettra Enoch M.Pd saat menerima kunjungan panitia dan akademisi UNIMA di ruang kerjanya kemarin.

MINUT, Mediamanado – Pagelaran kesenian budaya festival Kolintang tahun 2021 di Kabupaten Minahasa Utara, mulai dipersiapkan oleh panitia. Tak terkecuali dengan Dinas Pendidikan yang turut menjadi bagian terselenggaranya kegiatan festival.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Olfy Kalengkongan didampingi sekertaris Pettra Enoch, bahwa pihaknya memang bukan instansi yang berwenang dalam pelaksanaan kegiatan seni budaya festival Kolintang. Namun demikian, Dinas Pendidikan berperan serta untuk suksesnya kegiatan sehubungan dengan kategori untuk usia sekolah.
“Demi suksesnya pelaksanaan festival, kami dinas pendidikan siap menunjang kegiatan. Hal tersebut tentu berhubungan dengan kategori kepesertaan yang merupakan anak usia sekolah,” katanya Jumat (16/04/21) kemarin saat menerima kunjungan panitia dan lembaga perguruan tinggi UNIMA yang berperan dalam menopang pelestarian budaya.

Dijelaskan Kadis Olfy, tentu sehubungan dengan pelaksanaan festival di masa pandemi ini, banyak hal yang harus disiapkan oleh panitia karena melibatkan siswa dan siswi. Sehubungan dengan waktu penyelenggaraan, saat ini juga sudah akan memasuki ujian akhir sekolah.

“Untuk itu, dinas pendidikan menyambut baik kunjungan panitia dan kami siap mendukung suksesnya pelaksanaan festival kolintang tahun 2021 di kabupaten minahasa utara. Apalagi, kita ketahui bersama jika Bupati Joune Ganda adalah ketua PINGKAN Sulut. Sehingga, hal ini akan menjadi atensi dinas pendidikan,” tuturnya.

Akademisi Mosez Markus Wulur yang adalah Dekan FIP UNIMA menyatakan, jika perannya dalam hal ini mewakili perguruan tinggi adalah memberikan dukungan serta menopang pelestarian seni budaya kolintang yang merupakan warisan budaya yang diakui dunia.
“Kami berharap terselenggaranya festival kolintang ini dapat ditumbuh kebangkan mulai dari usia sekolah dasar bahkan masyarakat umum,” tambahnya sembari mengusulkan lagu dalam festival nanti harus bernuansa lagu budaya dan tim juri harus independen. (**)

Penulis: Sweidy Pongoh

About Sweidy Pongoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*