HKN di Minsel, Bupati FDW Sampaikan Pesan Menkes RI dan Semangati Nakes di Minsel

oleh -551 Dilihat

 

MINSEL, MediaManado.com – Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar SH dan Petra Yani Rembang menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022 di Kabupaten Minahasa Selatan, bertempat di Aula Waleta, Kamis (24/11/2022).

Kegiatan diawali dengan laporan oleh Ketua Panitia dr Christian Tambingon. Dalam laporannya dr Christian menyampaikan, HKN pada Tahun 2022 ini merupakan peringatan yang ke-58 dengan mengusung Tema ”Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”.

“Tema ini dapat dijadikan momentum untuk bahu-membahu dan bergotong-royong dalam menyelesaikan pandemi Covid-19 dan beradaptasi dengan kebiasaan baru,” terang dr Christian.

Dia pun berharap, peringatan Hari Kesehatan Nasional ini dapat dijadikan momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah perilaku, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan, vaksinasi Covid-19 dan penguatan fasilitas pelayanan Kesehatan.

“HKN ini kiranya dapat menjadi momentum yang baik dalam upaya promotif dan preventif, sehingga seluruh komponen masyarakat dapat kembali produktif di era adaptasi kebiasaan baru,” harap dr Christian.

Sementara itu, Bupati Franky Donny Wongkar SH (FDW) saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. Namun ia bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini.

“Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan total 442 juta dosis vaksin telah disuntikkan sampai dengan Oktober 2022. Meskipun begitu, kita tidak boleh lengah,” kata Bupati FDW mengutip sambutan Menkes RI.

Bupati FDW pun mengajak masyarakat untuk dapat melakukan vaksinasi Covid-19 hingga dosis booster, apalagi bagi para lansia. Karena mengingat dari data yang ada, kasus Covid-19 kembali meningkat sejak bulan Oktober tahun ini.

“Kita telah mendeteksi adanya kenaikan kembali kasus Covid-19. Data kematian menunjukkan 4 dari 5 pasien meninggal belum divaksinasi booster. Proporsi pasien yang meninggal akibat Covid-19 3 kali lebih banyak pada kelompok lansia dibandingkan dengan yang bukan lansia. Oleh karena itu, mari terus ingatkan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi Covid-19 dengan booster,” tutup Bupati mengutip pidato Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Pada puncak perayaan HKN ke–58 ini, dilakukan juga penandatanganan Prasasti RSUD Amurang dari kelas D naik menjadi kelas C, dengan fasilitas kesehatan, tenaga medis dan non medis yang lebih lengkap.

Kemudian penandatanganan pernyataan komitmen dan kesanggupan untuk mendukung eliminasi kecacingan pada Tahun 2023, eradikasi frambusia pada Tahun 2023, eliminasi kusta pada Tahun 2023 dan pemberian pemberian Penghargaan Kepada pengelola Imunisasi Terbaik (imunisasi dasar lengkap melampaui target), pengelola surveilans terbaik (penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi atau PD3I).

Selanjutnya, penyerahan penghargaan ASN tenaga kesehatan atas dedikasi dalam pelayanan kesehatan (memasuki purnabakti), perawat terbaik, dokter terbaik, puskesmas terbaik juga pemberian hadiah bagi para pemenang lomba-lomba dalam rangka HKN Ke-58 Tahun 2022 di Kabupaten Minahasa Selatan dan untuk sertifikat dari Kemenkes akan diserahkan saat hari malaria sedunia April 2023.

Diketahui juga, Kabupaten Minahasa Selatan pada Sabtu (19/11) telah menerima piagam penghargaan peringkat ke-1 tingkat nasional lomba inovasi imunisasi dasar lengkap Tahun 2022, pengelolaan program malaria terbaik dan status eliminasi malaria di Kabupaten Minahasa Selatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.