Parimo Spektakuler..!! 500 Buah Durian Montong Hiasi Float Kendaraan ToF di Tomohon

oleh

Loading

 

TOMOHON, MediaManado.com – Iven Tomohon Internasional Festival Flower 2023, terbilang hebat. Selain dihadiri Ketua DPR RI Puan Maharani, para tamu dan undangan dari dalam negeri maupun luar negeri, iven ini menampilkan Float Kendaraan Bunga dari berbagai jenis bunga.

Menariknya, float kendaraan hias bunga asal Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah menghentak para penonton yang memadati Jalan Protokol Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Betapa tidak, Float kendaraan hias Kabupaten Parigi Moutong, tidak saja dihiasi beragam jenis bunga, akan tetapi ikut memajang buah Durian Montong, buah khas produk para petani di wilayah itu.

Para penonton yang disuguhkan dengan penampilan float kendaraan hias, terpikat hati melihat dan mencium aroma Durian Montong yang menghiasi kendaraan hias Kabupaten Parigi Moutong.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Parigi Moutong, Nurhidayah Rahmah SP MSi kepada MediaManado.com usai parade ToF di lokasi finis Lapangan Babe Palar Tomohon, Sabtu (12/08/2023) mengatakan, Pemkab Parigi Moutong melalui instansi yang dipimpinnya menyertakan bunga dan 500 buah Durian Montong pada iven parade ToF  2023 di Kota Tomohon.

“Hanya saja sepanjang perjalanan menuju ke lokasi ToF ini, kami telah menyambangi 4 wilayah untuk ikut membagi-bagi buah Durian Moutong,” kata Kadis Nurhidayah Rahmah.

Keempat wilayah yang merek sambangi seperti Pohuwato (Gorontalo), Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Boalemo (Gorontalo), dan Kabupaten Bolmong Utara.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Parigi Moutong, Nurhidayah Rahmah SP MSi. (Foto:Ferry)

“Di Kabupaten Minahasa Tenggara, kami juga menyerahkan bibit Durian Montong,” tambahnya.

Kadis Nurhidayah Rahmah menjelaskan bahwa di wilayahnya ada sekitar 2140 hektar ditanami buah Durian Montong dan setiap tahun, para petani memanen buah Durian Montong sebanyak 303 ton.

Saat ini juga terdapat 70 penangkar bibit. Namun di dalamnya sudah ada bibit Durian Musang King, Montong, Super Tembaga, Bawor juga Durian lokal dari berbagai varietas.

Dari 23 Kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong, setiap kecamatan memiliki buah Durian Lokal.

Diketahui, Rombongan Kabupaten Parigi Moutong yang mengikuti kegiatan Tomohon Internasional Festival Flower (TIFF) 2023 dibawah Ketua Rombongan, dr Revly Tilaar dan Sekretaris Rombongan Hamka Lagala dan bersama Kepala Kepala OPD Kabupaten Parigi Moutong.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *