Pengabdian Kepada Masyarakat, Polimdo Bagikan Materi Model Pengawasan Untuk Perbendaharaan Gereja

oleh

Loading

MANADO, Mediamanado.com – Guna tertib administrasi dan pengelolaan keuangan yang sehat di institusi gereja, Politeknik Negeri Manado (Polimdo) melalui tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) jurusan Akuntansi memberikan pendampingan tanpa imbalan kepada Majelis Jemaat GMIM Musafir Kleak wilayah Manado Barat Daya (MBD) yang bertajuk Katekisasi Perbendaharaan, Jumat (01/06/2023) di ruangan theater 2 gedung kuliah terpadu Politeknik Negeri Manado.

Pendampingan materi yang diikuti sekira 60 peserta yang dipaparkan Pdt. DR. Alfrets Daleno., M.Pd.K terkait pengelolaan persembahan berdasarkan Alkitab, serta pada sesi ke 2 dibawakan, Jeffry Rengku SE Ak MM CA tentang pedoman teknis model pengawasan pengelolaan keuangan gereja, disambut antusias peserta yang aktif berdialog dan menyampaikan pertanyaan yang beragam.

Sementara itu, Jefry Rengku dalam pemaparannya menjelaskan perbendaharaan gereja secara khusus di GMIM meliputi, seluruh aset milik gereja dan hasil pengelolaannya yang terdiri dari uang tunai, aset bergerak dan tidak bergerak serta surat-surat berharga seperti sertifikat tanah & bangunan, yang harus di dikelola dengan model pengawasan yang benar sehingga tidak mudah hilang baik di curi atau diselewengkan.

PKM kepada Majelis Jemaat Musafir Kleak ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan penanganan teknis pengadministrasian dan pelaporan keuangan dari bidangĀ  Perbendaharaan tersebut.

Sebelumnya, Wakil Direktur (Wadir) I Polimdo dalam sambutannya membuka kegiatan PKM mengapresiasi Tim PKM Polimdo yang bisa membantu gereja dalam menghadapi permasalahan pengelolaan dan pertanggung-jawaban keuangan dengan model yang memenuhi kaidah akademik.

Diakhir kegiatan, Pdt. Seldy Saroinsong menyampaikan banyak terima kasih atas ilmu pengetahuan dan fasilitas tempat yang diberikan oleh pihak Polimdo, sembari berharap kerjasama ini akan terus berlanjut demi pengelolaan keuangan yang efisien, efektif dan bertanggung jawab.

Diketahui, PKM merupakan salah satu bagian penting dari tri dharma perguruan tinggi yang wajib dilakukan oleh semua staf pendidik (dosen), karena akan diperhitungkan sebagai beban kerja dosen (BKD), dan juga merupakan salah satu dari 8 indikator kinerja utama (IKU) institusi.

PKM ini merupakan kegiatan yang bertujuan, untuk membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun, diharapkan dari kegiatan ini dapat memberikan solusi terhadap permasalahan nyata yang terjadi pada masyarakat.

Tim PKM terdiri dari Ketua Tim Stevie Kaligis., SE., AK., MM., CA, dan Jeffry Rengku., SE., Ak., MM., CA, beserta anggota timĀ  Raymond Rombot., SE., M,Si, Jufry Rompas., SE., M,Si, Maikel Tampenawas, SE., M.Si dan DR. Alfrets Daleno., M.Pd.K.

(DM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *