Siapkan SDM Unggul, YHC dan Unima Teken MoU

oleh
Penandatanganan MoU antara YHC dan Unima, Jumat (15/10/2021). Foto: ferry

Loading

Penandatanganan MoU antara YHC dan Unima, Jumat (15/10/2021). Foto: ferry
Penandatanganan MoU antara YHC (Letjen Purn Johny Lumintang) dan Unima (Rektor Deitje Katuuk) Jumat (15/10/2021). Foto: ferry

 

MANADO, MediaManado.com – Guna menggenjot Sumber Daya Manusia (SDM) unggul Sulut, Yayasan Hidup Cemerlang (YHC) melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan  (MoU) dan Perjanjian Kerjasama dengan Universitas Negeri Manado (Unima) bertempat di Luwansa Hotel Manado, Jumat (25/10/2021) pagi.

Ketua Yayasan Hidup Cemerlang, Letjen (Purn) Johny Lumintang mengatakan, SDM daerah patut disiapkan secara baik agar mereka bisa tampil unggul dan bekerja secara profesional di tempat dimana mereka bekerja, terlebih sesuai kebutuhan setempat.

“Sehingga YHC bekerjasama dengan Unima menyiapkan SDM unggul, profesional dan mumpuni di bidangnya,” kata Lumintang.

Mantan Dubes RI untuk Filipina ini menambahkan, ada informasi menarik saat negara Jepang membutuhkan tenaga kerja dari Indonesia sebanyak 70 ribu orang. Namun permintaan itu tidak dapat dipenuhi karena masih kurangnya SDM yang benar-benar mumpuni sesuai kebutuhan negara itu.

“Ada SDM yang dikirim, pulang lagi karena selain tidak sesuai kebutuhan tempat kerja, juga karena tidak bisa menyesuaikan dengan budaya di sana (Jepang,” tandas Lumintang.

Dengan kehadiran YHC bekerjasama dengan Unima, maka diharapkan SDM yang akan dikirim ke negara-negara, baik Asia maupun Eropa, benar-benar siap dan profesional.

“Kita siapkan SDM yang mumpuni untuk dikirim keluar negeri sesuai permintaan mereka. SDM ini harus disiapkan benar-benar,” tutup Lumintang didampingi Jemmy Mokolensang, anggota dewan penasehat YHC.

Sementara Rektor Unima, Prof Dr Deitje Adolfien Katuuk MPd berterimakasih atas kepercayaan yang  diberikan YHC untuk bersinergi dengan Unima membangun dan menyiapkan SDM unggul bidang pendidikan.

Kerjasama ini, kata Katuuk merupakan Visi Misi Perguruan Tinggi bahkan sesuai arahan Kemenristekdikti, agar Perguruan Tinggi bisa bekerjasama dengan pihak lain.

“Kawin massal dalam arti melakukan kerjasama antara Perguruan Tinggi dengan pihak lain. Tentunya dengan maksud agar lulusan itu bisa memiliki SDM unggul dan mampu jadi penggerak di masyarakat,” kata Rektor Unima ini.

Unima, tambah Rektor Katuuk, akan menyiapkan putra putri terbaik sesuai kebutuhan, sebagaimana isi perjanjian kerjasama antara YHC dan Unima.

Untuk itu, kata Rektor Katuuk, isi dalam Perjanjian kerjasama benar-benar sesuai visi misi kedepan untuk penyiapan SDM unggul melalui program studi (Prodi) Unima dan kebutuhan YHC.

Diketahui Yayasan Hidup Cemerlang (YHC) merupakan Yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan ketrampilan untuk memenuhi permintaan tenaga kerja baik di dalam negeri maupun keluar negeri.

Untuk itu, YHC menggandeng sejumlah Perguruan Tinggi, termasuk Unima untuk penyiapan SDM unggul ini.

Nampak hadir keluarga besar YHC dan Unima serta undangan lainnya. (Ferry)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *