Terapkan Etika Batuk dan Bersin di Tengah Kerumunan Orang

oleh

Loading

 

MINSEL, MediaManado.com – Puskesmas Amurang Barat melaksanakan kegiatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya melakukan etika batuk dan bersin di tengah masyarakat dan di kerumunan orang.

Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Kawangkoan Bawah Kecamatan Amurang Barat.

Kegiatan ini kiranya dapat membantu program yang telah di susun pemerintah dalam upaya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya menerapkan etika batuk.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan dr.Wiwin I Opot mengatakan, Etika Batuk merupakan tata cara batuk yang baik dan benar, dengan cara menutup hidung dan mulut dengan tissue atau lengan baju sehingga bakteri tidak menyebar ke udara dan tidak menular ke orang lain. Tujuan utama menjaga etika batuk adalah mencegah.

Penyebaran suatu penyakit secara luas melalui udara bebas (Droplets) dan membuat kenyamanan pada orang disekitarnya. Droplets tersebut dapat mengandung kuman infeksius yang berpotensi menular ke orang lain yang berada disekitarnya melalui udara pernafasan.

Etika batuk sangat efektif untuk menghindari penyebaran penyakit menular yang disebabkan oleh air liur yang dapat berterbangan di udara.

Dengan mengetahui teknik efektif dan etika ketika batuk, kita dapat mencegah orang lain untuk terserang batuk atau bahkan lebih parah. Pastikan selalu melakukan hal-hal tersebut pada kehidupan sehari-hari. Cara ini juga dapat memastikan orang-orang yang kita sayangi selalu terlindungi dari penyakit berbahaya yang penyebarannya melalui batuk atau bersin.

Kepala Puskesmas Amurang Barat juga menyampaikan individu dalam lingkup bermasyarakat biar berperan dalam penerapan strategi ini, salah satunya dengan menerapkan etika batuk dan bersin yang benar. Melihat kebiasaan sebagian orang sebagian saat berinteraksi di tempat umum atau kerumunan, ternyata belum banyak yang melakukan soal tata cara batuk dan bersin agar tidak menularkan penyakit ke orang lain. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *