http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Dandes Minut Tahun 2021 Cair, Siltap Perangkat Bergulir

Alpret Pusunglaa Kepala Dinas Sosial dan Pemerintahan Masyarakat Desa

Alpret Pusunglaa Kepala Dinas Sosial dan Pemerintahan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD).

MINUT, Mediamanado – Dana desa tahun 2021 di Kabupaten Minahasa Utara sudah mulai disalurkan. Demikian juga dengan penghasilan tetap atau Siltap perangkat di 125 desa se-Minut. Hal tersebut sebagaimana disampaikan Bupati Joune Ganda melalui Kepala Badan Keuangan Pemkab Minut Petrus Macarau kepada wartawan, Selasa (11/05/21) sore.

Menurut Kaban Petrus, saat ini pihaknya berdasarkan instruksi Bupati sudah mulai menyalurkan anggaran dana desa tahun 2021.
“Anggaran sudah siap direalisasikan langsung ke rekening masing-masing desa. Namun, penyalurannya bergulir ketika sudah ada permintaan dari Dinas terkait. Saat ini, sesuai data sampai tanggal 11 Mei 2021, sudah ada 50 desa yang dicairkan dana desa untuk tahap satu dan 30an desa yang direalisasikan penghasilan tetap perangkat desa,” ujar Kaban sembari menyebut jika ketentuan permintaan ada pada Dinas Sosial dan Pemerintahan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD) dan Badan Keuangan sebagai pelaksana untuk merealisasikan anggaran.

Kaban Petrus menambahkan, jika proses permintaan realisasi baik dana desa maupun Siltap tidak memakan waktu lama jika sudah dilakukan permintaan. “Kalau Dinsos-PMD membuat permintaan realisasi itu tidak akan lama. Prosesnya hanya 1 x 24 jam sudah dicairkan ke masing-masing rekening desa,” tutup Petrus.

Sementara itu, Kepala Dinsos-PMD Alpret Pusunglaa kepada mediamanado mengaku, jika pihaknya akan memberikan rekomendasi permintaan realisasi dana desa, jika desa tersebut sudah selesai melaksanakan evaluasi APBDes. “Kami lakukan evaluasi APBDes dulu dan dilakukan perbaikan, barulah diusulkan untuk pencairan dana desa ke badan keuangan. Demikian juga dengan penghasilan tetap perangkat desa,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Desa Wasian kecamatan Dimembe telah menerima dana desa dan melaksanakan pemberian BLT tahap pertama. Adapun 50 desa yang sudah menerima Dandes tahap pertama di tahun 2021, diantaranya Desa:

KAUDITAN I
KAREGESAN
TONTALETE
WASIAN
KAWILEY
WALEO DUA
LANTUNG
NAIN TATAMPI
LUMPIAS
TUMALUNTUNG
TIWOHO
TERMAAL
KEMA III
TONTAALETE ROK-ROK
TREMAN
PONTOH
WINERU
KULU
WARUKAPAS
KALINAUN
MAEN
LILANG
KEMA II
TARABITAN
TAMBUN
KAWANGKOAN
KAWANGKOAN BARU
TEEPWARISA
WARISA KAMPUNG BARU
NAIN
MANTEHAGE/BUHIAS
SEREI
KOLONGAN TETEMPANGAN
LANSOT
KAASAR
MAKALISUNG
PAPUTUNGAN
TANAH PUTIH
KALAWAT KEMA I
MANTEHAGE II/TANGKASI
BULO
PULISAN
PINENEK
LIKUPANG KAMPUNG AMBONG
WATUTUMOU DUA
TALISE
MARINSOW
EHE
WEROT

 

Penulis: Sweidy Pongoh

About Sweidy Pongoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*