http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Dilakukan Supervisi Manajerial dan Akademik, SD Negeri Matungkas Siap Ikuti Arahan Bupati JG

Supervisi manajerial dan Akademik oleh Pengawas

Supervisi Manajerial dan Akademik oleh Pengawas tingkat Kabupaten Minahasa Utara.

MINUT, Mediamanado – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wabup Kevin Lotulung, memprioritaskan peningkatan kualitas dan mutu pendidikan. Untuk itu, Bupati JG dalam arahannya belum lama ini, meminta kepala sekolah agar meningkatkan kinerja dan prestasi.

POSE: Foto bersama guru dan Kepsek SD Negeri Matungkas.

POSE: Foto bersama guru dan Kepsek SD Negeri Matungkas.

Kepala Dinas Pendidikan Olfy Kalengkongan melalui Sekertaris Pettra Enoch menyatakan, bahwa pengertian supervisi secara umum, tentu perlu pula dipaparkan pengertian supervisi manajerial dan supervisi akademik. Hal ini dikatakan Enoch, sesuai dengan dimensi kompetensi yang terdapat dalam peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 12 tahun 2007 tentang standar pengawas sekolah. Dalam peraturan tersebut, pengawas satuan pendidikan dituntut memiliki kompetensi supervisi manajerial dan supervisi akademik, di samping kompetensi kepribadian, sosial dan penelitian serta pengembangan.

“Esensi dari supervisi manajerial adalah berupa kegiatan pemantauan, pembinaan dan pengawasan terhadap kepala sekolah dan seluruh elemen sekolah lainnya di dalam mengelola, mengadministrasikan dan melaksanakan seluruh aktivitas sekolah, sehingga dapat berjalan dengan efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan sekolah serta memenuhi standar pendidikan Nasional. Adapun supervisi akademik esensinya berkenaan dengan tugas pengawas untuk membina guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa,” ujarnya usai ditemui mediamanado, Selasa (18/05/21).

Terpantau awak media, Selasa siang tadi, di SD Negeri Matungkas digelar Supervisi Manejerial dan Akademik Tingkat Kabupaten Minahasa Utara oleh Pengawas Ibu Agnes Lies Tumbelaka, S.Pd, MM. dan Ibu Ketlin Ramba, M.Pd.
Screenshot_20210518-221557_Gallery
Sementara itu, Kepala Sekolah Olly Kiolol, S.Pd menyatakan jika dirinya siap mengikuti arahan Bupati Joune Ganda dan Wabup Kevin Lotulung dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan.

“Tentu pelaksanaan supervisi ini bagian dari evaluasi kinerja kami di SD Negeri Matungkas. Baik administrasi sekolah, maupun kualitas pendidik bagi guru-guru. Apa yang menjadi program pemerintahan JG-KWL harus didukung penuh, karena sebagai guru sudah menjadi kewajiban kami untuk turut serta mencerdaskan bangsa,” tukasnya.

Tampak Kepsek Olly Kiolol, S.Pd saat memberikan arahan dan bimbingan kepada guru kelas Christine Rawis, M.Pd

Tampak Kepsek Olly Kiolol, S.Pd saat memberikan arahan dan bimbingan kepada guru kelas Christine Rawis, M.Pd sebelum pelaksanaan Supervisi.

Adapun supervisi akademik yang menjadi instrumen supervisi perangkat perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran masa Pandemi Covid-19 dan Era adaptasi baru, terdapat 18 poin yang menjadi indikator dengan skor penilaian dari angka nol hingga empat. (**)

Penulis: Sweidy Pongoh

About Sweidy Pongoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*