http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Transparansi Dana Desa Komitmen Pemdes Lilang

Screenshot_20210518-182936_Gallery
MINUT, Mediamanado – Dalam upaya pencegahan terjadinya suatu tindak pidana korupsi, khususnya dalam penyalahgunaan dana desa, pemerintah desa Lilang berupaya untuk transparan soal anggaran dana desa (Dandes) tahun 2021. Hal tersebut sebagaimana terpampang dalam infografis postur APBDes.

Menurut Hukum Tua Frangky Roli Rorong, Tranparansi menjadi syarat penting yang harus dipenuhi dalam setiap aspek penyelenggaraan pemerintahan, termasuk penggunaan anggaran pembangunan, baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan, maupun Kelurahan/Desa. Tak terkecuali pengelolaan keuangan desa oleh pihaknya bersama para Perangkat Desa yang harus sesuai aturan.
Screenshot_20210518-190017_Gallery
“Kami berkomitmen untuk membangun daerah ini yang dimulai dari desa. Diketahui, ada instruksi Bupati Joune Ganda kepada seluruh hukum tua dalam menjalankan pembangunan di desa. Tentu, menindaklanjuti hal tersebut, kami pemerintah desa lilang mendukung transparansi keuangan dan penggunaan dana desa yang berlandaskan aturan guna mewujudkan pemerintahan yang bersih di Minut sebagaimana harapan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung,” ujar Opo Roli sapaan akrabnya.

Lebih lanjut ditambahkan Opo Roli, pemerintah desa Lilang sangat mendukung upaya pemerintah kabupaten dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, bebas Korupsi, tanpa gratifikasi apalagi Pungli yang rentan terjadi diseluruh tatanan pemerintahan. Bentuk transparansi penggunaan dana desa sudah dimulai dengan akan dipampangnya papan informasi di beberapa titik di desa, serta penyampaian APBDes tahun 2021 melaui media massa dan elektronik sehingga seluruh masyarakat bisa langsung mengaksesnya dari rumah tanpa harus datang ke desa atau ke sejumlah titik terpajangnya baliho APBDes di Desa.

“Dengan adanya media yang menjadi mitra pemerintah desa, kami sangat terbantu dalam memberikan informasi kepada masyarakat terkait informasi APBDes, realisasi pekerjaan yang didanai melaui dana desa serta sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan melaui ADD maupun BHPR,” terangnya.

Penyerahan APBDes kepada BPD usai evaluasi di DinsoPMD beberapa waktu lalu.

Penyerahan APBDes oleh Hukum Tua Frangky Roli Rorong kepada BPD usai evaluasi di DinsoPMD beberapa waktu lalu.

Perwujudan lain adalah sinergitas antara pemerintah desa dan BPD. Hal tersebut dilakukan rutin setiap waktu dan pelaporannya diketahui oleh BPD. “Kami dengan BPD bersinergi, selalu melaporkan kepada BPD setiap pelaksanaan kegiatan,” tukasnya. (**)

Penulis: Sweidy Pongoh

About Sweidy Pongoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*