http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg

Mgr Rolly Untu: Kemartiran Beato Juan Alonso Fernandez Jadi Saksi Iman Umat Paroki Kokoleh

Uskup Keuskupan Manado, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC saat membawakan khotbah, Minggu (02/05/2021).

Uskup Keuskupan Manado, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC saat membawakan khotbah, Minggu (02/05/2021).

 

MINUT, MediaManado.com – Uskup Keuskupan Manado, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC mengatakan, kemartiran Beato Pastor Juan Alonso Fernandez MSC menjadi kesaksian perjalanan iman umat Keuskupan Manado, khususnya Umat Katolik Paroki St Fransiskus de Sales Kokoleh, Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Pasalnya, Pastor Juan Alonso Fernandez MSC telah dibeatifikasi Paus Fransiskus di Vatican pada tanggal 23 April 2021. Ia menjadi salah satu orang kudus yang meninggal karena membela iman akan Yesus Kristus melalui karya pastoralnya pada umat Katolik di Guatemala. Ia dibunuh dengan cara ditembak kepalanya oleh junta militer yang berkuasa dan menindas rakyat.

Beatifikasi pada Pastor Juan oleh Paus Fransiskus di Vatican, disyukuri Umat Katolik Paroki St Fransiskus de Sales Kokoleh melalui Perayaan Ekaristi di Gereja Paroki Santo Fransiskus de Sales Kokoleh, Minggu (02/05/2021).

IMG_20210502_113543_480x490

Perayaan Ekaristi ini dipimpin Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC didampingi Pastor Paroki Kokoleh, Pastor Jouce Palit Pr, Pastor Jimmy Toreh dan mewakili tarekat MSC, Pastor Berty Tiow, MSC dan dihadiri Umat Katolik dari stasi-stasi pelayanan Paroki.

Dalam khotbah, Uskup Rolly Untu menegaskan, kemartiran Beato Juan Alonso Fernandez memotivasi Umat Katolik di Keuskupan Manado, khususnya Umat Katolik Paroki Kokoleh yang pernah dilayani pada tahun 1964 baik memberi Sakramen Pembaptisan maupun Sakramen Pernikahan. Ia melayani Umat Katolik Kokoleh selama 2 tahun sebelum berangkat kembali ke Guatemala.

“Karena Beato Juan pernah berkarya di Paroki Kokoleh, maka Umat Katolik Kokoleh juga ikut ambil bagian dalam proses beatifikasi ini. Ini kesaksian perjalanan iman kita pada Yesus Kristus,” kata Uskup Rolly.

IMG_20210502_113527_640x467

Untuk itu, tambah Uskup Rolly kesaksian iman umat harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari dalam keluarga, lingkungan dan masyarakat.

“Buah-buah iman ini kita hidupi dan lakukan dalam keseharian kita. Kita menjadi saksi iman Gereja sebagai persekutuan Umat Allah,” ujar Uskup Rolly.

Perayaan Ekaristi berjalan khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan. (Ferry)

About Ferry Assa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*