http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Polres Minahasa tenggara Gelar Sidang Disiplin Anggota Polri

IMG_20211013_173533

Mitra, MediaManado.com – Polres Minahasa Tenggara (Mitra) melaksanakan Sidang Disiplin Anggota Polri, Sidang yang di pimpin oleh Wakapolres Mitra Kompol Effendy Tubagus , yang digelar di Aula Polres Mitra yang dihadiri Pelapor hukum tua sea berserta para saksi, Rabu (13/10/2021)

Kepada sejumlah awak media Kompol Effendy Tubagus menyampaikan, berdasarkan fakta-fakta persidangan ada pasal yang meringankan juga ada pasal yang memberatkan.

” Dalam persidangan kami walau pun pelapor sudah tidak keberatan lagi, namun disini kami memberikan kepastian hukum kepada aparat hukum dan Punishment kepada oknum aparat kepolisian yang tadinya pangkat sabhara polres mitra,” ucap Tubagus.

Lanjut ia katakan dari sidang yang digelar ada 5 tuntutan dari penuntut dan sampai pada pengembangan sehingga kami memutuskan ada 3 poin yang penting.

IMG_20211013_173422

” Akhir dari pengembangan 3 poin yang jadi keputusan yakni, teguran tertulis, penundaan mengikuti pendidikan selama 6 bulan dan mutasi yang bersifat demosi yang akan diterbitkan oleh Kapolres Mitra,” ungkapnya.

Tubagus menambahkan terkait oknum terlapor secara jelas mengakui kesalahanya dan menyesali perbuatannya, serta bersikap kooperatif dalam persidangan serta dari pihak pelapor tidak keberatan lagi sehingga itu menjadi satu catatan kami.

” Kedepan kami dari pihak Polres akan lebih ketat lagi dalam segi pengawasan sehingga tidak terjadi lagi hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur Effendy Tubagus.

Selain itu, Hukum Tua   James R Sangian yang tidak lain adalah pelapor kepada awak media menyampaikan, dalam persidangan tadi kami sudah menyampaikan bahwa dalam perkara ini kami pihak pelapor sudah tidak keberatan lagi

IMG_20211013_173330

“Bagi saya dalam keputusan yang sudah dibacakan tersebut sebaiknya hukuman beliau lebih ringan langi, karena beliau sudah mengakui kesalahanya dan telah meminta maaf, selain itu beliau adalah teman dekat saya,” ujar Sangian.

James menambahkan, sebagai korban dalam hal ini sangat mengharapkan dia mendapatkan hukuman yang ringan serta seringan-ringannya dan berharap kedepan hubungan kami bisa kembali normal.

” Meskipun keinginan saya beliau mendapatkan hukuman yang ringan, namun saya juga tidak bisa mencampuri keputusan internal istitusi kepolisian yang tentunya mempunyai norma-norma yang tidak boleh di langgar oleh anggota kepolisian,” ujar James Sangian.

Sementara kepada awak mediaManado.com terlapor, Iptu Joppy Sasuwuk menyampaikan, terkait keputusan yang sudah di berikan maka secara pribadi menerima.

IMG_20211013_173348

” Di dalam keputusan persidangan yang sudah dijatuhkan maka saya menerima dan juga sebagai anggota kepolisian tentu saja saya mengakui semua tidakan yang telah dilakukan, meskipun tindakan tersebut saya ambil karena ada alasannya,” ujar Sasuwuk.

Ia juga menghimbau kepada siapa pun dia jika memang melakukan tindakan dan itu salah dimata hukum maka harus berani mengakui kesalahan.

” Saya sebagai anggota kepolisian sudah menjadi kewajiban untuk bertanggung jawab atas tidakan yang diambil, serta juga berharap bagi lainya agar jika salah berani berkata salah dan bertanggung jawab, tidak perlu menghindar apa lagi membuat alibi-alibi,” tutup singkat Sasuwuk. (Alfian)

About Alfian Soriton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*