http://mediamanado.com/wp-content/uploads/2014/05/iklan10a1.jpg
Breaking News

Pemkab Minut Raih WTP, Bupati JG Sebut Langkah Maju Tingkatkan Kinerja Lebih Baik

Bupati Joune Ganda bersama Ketua DPRD Minut Denny Kamlon Lolong saat menerima LHP BPK RI Perwakilan Sulut atas opini WTP.

Bupati Joune Ganda bersama Ketua DPRD Minut Denny Kamlon Lolong saat menerima LHP BPK RI Perwakilan Sulut atas opini WTP.

MINUT, Mediamanado – Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung langsung melakukan pembenahan dalam pengelolaan keuangan pasca mendapat opini Tidak Wajar (TW) di tahun 2021. Alhasil, tahun 2022 ini membuahka sekaligus mengukir prestasi bagi pemerintahan kabupaten Minahasa Utara setelah meraih predikat Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021.

Screenshot_20220603-172820_Facebook FB_IMG_1652441302494

Bupati Joune Ganda dalam keterangan persnya mengaku bangga atas predikat WTP yang diraih kabupaten Minahasa Utara. Ini menurutnya tak lepas dari peran serta dan dukungan dari semua pihak temasuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mampu mengelola keuangan dengan baik sehingga LKPD Minut tahun 2021 bisa meraih WTP.

20220513_154345_compress77 20220513_154027_compress34

“Ini merupakan sejarah bagi kami sekaligus paramater menjalankan roda pemerintahan di kabupaten Minahas Utara. Kami sangat menyadari bahwa meraih WTP ini tidaklah mudah namun mempertahankan predikat ini juga bukanlah hal yang mudah sehingg butuh komitmen bersama semua pihak agar predikat ini bisa kita pertahankan ditahun – tahun yang akan datang,” kata Joune Ganda didampingi Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung bersama segenap kepala OPD di depan Kantor BPK, Jumat (13/05/22).

FB_IMG_1652454738027

Ia menambahkan, predikat WTP ini membawa keuntuangan bagi pemerintah dan masyarakat sebab dengan adanya predikat ini, tahun 2023 mendatang Minahasa Utara akan mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat yang dampaknya akan dirasakan masyarakat, baik dari sisi pembangunan infrastruktur maupun kegiatan – kegiatan lain yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Screenshot_20220605-190318_Gallery

“Dengan meraih predikat WTP, tahun depan kita akan mendapatkan dana insentif daerah dari pemerintah pusat yang secara otomatis akan menambah anggara daerah untuk melaksanakan pembangunan dan sejumlah program yang sifatnya menyentuh dengan masyarakat.”pungkasnya.

Terkait opini tidak wajar atau TW dari BPK atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2020 lalu karena persoalan anggaran covid yang saat ini permasalahannya sudah ditangani aparat hukum. Dimasa pemerintahannya saat ini, ia akan terus berupaya untuk melaksanakan tatakelola pemerintahan dan pengelolaan keuangan yang baik sehingga tahun depan Minut bisa kembali meraih predikat WTP.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam penyerahan hasil LHP tersebut, Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung, Ketua DPRD Denny Kamlon Lolong, Penjabat Sekda Rivino Dondokambey, kepala Inspektorat Umbase Mayuntu,Kaban Keuangan Carla Sigarlaki,Kadis Kominfo Max Wurarah dan Kadis Sosial dan PMD Alpret Pusungulaa. (Advetorial)

About Sweidy Pongoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*