Dibuka Gubernur Olly, Minahasa Wakefest 2023 Berdampak Bagi Pariwisata Sulut

oleh

Loading

 

TONDANO, MediaManado.com –Minahasa Wakefest 2023 yang merupakan event kejuaraan dari International WakeSurf and Wakeboard Federation (IWWF), berdampak positif bagi dunia pariwisata Sulut, sekaligus menjadi momentum untuk memperkenalkan keindahan Danau Tondano di mata dunia.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Prof Dr (HC) Olly Dondokambey SE didampingi Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw, membuka langsung Minahasa Wakefest 2023 yang mengusung tagline “Lake Tondano, Home For Everyone’ di Danau Tondano, Kabupaten Minahasa, Jumat (24/11/2023).

Gubernur Olly berharap, Minahasa Wakefest 2023 dapat membawa dampak yang positif serta nilai tambah bagi pariwisata di Bumi Nyiur Melambai.

Menurutnya, iven ini secara langsung menyuguhkan keindahan alam di Danau Tondano, sehingga diharapkan akan mengundang minat wisatawan untuk datang ke Sulut.

“Saya berharap kegiatan ini dapat membawa dampak positif bagi daerah Sulawesi Utara dan Minahasa khususnya,” kata Gubernur Olly.

Selain itu, tambah Gubernur Olly, melalui kejuaraan ini, Olahraga Ski Air dapat berkembang pesat di Sulut.

“Sehingga akan berdampak positif pada kejuaraan-kejuaraan nanti, serta partisipasi dari Sulawesi Utara lebih banyak lagi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wagub Kandouw menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta Minahasa Wakefest 2023.

Ketua KONI Sulut ini menuturkan, para peserta, selain menikmati jalannya turnamen, juga dapat menikmati keindahan pemandangan Danau Tondano, serta menikmati kuliner khas setempat.

“Sehingga menjadi daya tarik untuk kembali berkunjung ke Sulawesi Utara,” ujarnya.

Wagub Kandouw menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Olly yang telah mendukung jalannya kegiatan, sehingga membuka peluang bagi penyelenggaraan iven internasional lainnya di Sulut.

Sementara itu, Ketua Panitia Minahasa Wakefest 2023, Rio Dondokambey mengatakan, banyak dampak positif dari kejuaraan internasional di Danau Tondano. Di antaranya memperkenalkan Olahraga Ski air sambil menikmati adu kemampuan para atlet terbaik dari berbagai negara.

“Iven ini mendongkrak pariwisata Sulawesi Utara, serta meningkatkan perekonomian masyarakat di dalamnya pelaku usaha di sekitar lokasi lomba,” kata Rio.

Rio juga mengapresiasi semua pihak, di dalamnya masyarakat Sulut, khususnya Minahasa yang telah hadir dan turut mensukseskan pembukaan Minahasa Wakefest 2023.

“Masyarakat Minahasa sangat welcome pada semua yang datang,” tukasnya.

Ia mengajak masyarakat untuk dapat terus menikmati setiap kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari sampai Minggu, 26 November 2023.

“Mari kita sukseskan dan hadiri Minahasa Wakefest 2023,” ajak Rio.

Kompetisi olahraga air yang dilaksanakan pada 24-26 November 2023 ini, memperlombakan dua cabang olahraga, yaitu wakeboard dan wakesurf.

Terdapat beberapa kategori yang akan dipertandingkan. Pada Cabor wakeboard, ada kategori Junior Boys and Girls Under 14, Novice Men and Women, Intermediate Men and Women, Advance Men and Women, Masters Men and Women, dan Open Men and Women.

Pada Cabor wakesurf, terdapat kategori Junior Boys and Girls Under 14, Novice Men and Women, Intermediate Men and Women, serta Open Men and Women.

Tercatat 84 atlet mancanegara telah mendaftar, berasal dari tujuh negara, yaitu China, Hongkong, Indonesia, Jepang, Singapura, Taiwan, dan Thailand.

Selain itu, Pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa telah menyiapkan side event sebagai wadah untuk mempromosikan masyarakat dan budaya Minahasa. Side event itu berupa atraksi budaya, wisata kuliner, souvenir dan entertainment.

Pembukaan Minahasa Wakefest 2023 dihadiri Sekprov Sulut Steve Kepel, ST, MSi, Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Kumendong, MSi, sejumlah kepala daerah di Sulut, Presiden IWWF Asia Thomas Liem, dan pengurus Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PSAWI). (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *